7 Perlindungan Pada Mata Saat Berlibur Ke Pantai

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur ke pantai adalah hal yang menyenangkan. Tidak hanya menyingkirkan kepenatan setelah rutinitas sehari-hari, namun juga memberikan semangat baru untuk aktivitas selanjutnya.
7 Perlindungan Pada Mata Saat Berlibur Ke Pantai

Saat bermain ke pantai, mata mudah sekali terkena iritasi atau gangguan mata karena lingkungan pantai. Gangguan pada mata dapat berbahaya jika terus dibiarkan. Nah, untuk mencegah hal tersebut alangkah baiknya jika Anda tidak melupakan 7 perlindungan pada mata saat berlibur ke pantai berikut ini.

1. Gunakan Kacamata
Hal pertama yang tak boleh Anda lupakan yaitu gunakan kacamata saat pergi ke pantai. Gunakan kacamata yang dapat menghambat radiasi sinar UV A dan UV B. Kacamata tersebut dapat menghambat radiasi sinar hingga 90% dan meyaring cahaya hingga 75-90%.Kacamata yang murah biasanya tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

2. Gunakan Penutup Kepala (Topi)
Menggunakan penutup kepala seperti topi dapat meminimalisir paparan sinar matahari ke bagian leher, wajah terutama mata. Bahkan, pantulan sinar matahari lewat pasir dan air. 

3. Oleskan Tabir Surya di Sekitar Mata
Mengoleskan tabir surya di sekitar mata dapat meminimalisir resiko kanker kulit. Gunakan tabir surya berbahan dasar mineral agar tidak membuat iritasi pada mata. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan maksimal.

4. Jangan Menatap Matahari
Jangan menatap matahari langsung tanpa pelindung apapun. Paparan sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan mata dengan gejala gatal, bengkak dan kering pada mata. Bisa juga resiko yang terjadi baru terasa setelah beberapa tahun kemudian. 

5. Lepas Lensa Kontak Saat Berenang
Memakai lensa kontak saat berenang di air laut dapat berbahaya pada mata. Hal ini bisa mengakibatkan infeksi pada kornea dan kebutaan. Sebaiknya, lepas lensa kontak dan gunakan kacamata renang saat berenang. 

6. Jangan Buka Mata Dalam Air
Air mata dapat menyebabkan iritasi mata dan pembengkakan kornea atau infeksi lain saat Anda terlalu lama membuaka mata di dalam air. Hindari kebiasaan tersebut dan gunakan kacamata renang untuk meminimalisir resiko tersebut. 

7. Hindari Mengucek Mata
Saat berada di pantai, tubuh kita akan terpapar butiran pasir yang terlihat. Kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan butiran pasir halus masuk ke mata yang mengakibatkan goresan pada lapisan mata. Oleh karena itu, biasakan mencuci mata dan tangan sebelum menyentuh bagian wajah. 

Berlibur ke pantai memang mengasyikkan, namun Anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga selama bersenang-senang. Jangan lupa untuk memberikan perlindungan pada mata.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top