Wanita di 10 Negara Ini Memiliki Hak Istimewa

Mungkin di beberapa negara, akses wanita terhadap kebutuhan belum banyak terpenuhi. Masih ada diskriminasi gender yang membuat wanita belum terpenuhi haknya secara baik. Namun, dibalik kekurangan tersebut, ternyata ada negara-negara yang telah memperlakukan wanita sangat istimewa.


Wanita bisa memperoleh haknya secara mudah, tanpa ada diskriminasi gender. Nah, berikut ini daftar 10 negara yang memiliki hak istimewa bagi wanita.

1. Islandia
Islandia merupakan negara yang dipimpin oleh seorang wanita yang sangat peduli terhadap hak-hak kaum wanita. Bahkan, separuh anggota perlemennya adalah wanita. Islandia melarang keras penari perempuan tanpa busana di klub malam. Negara ini juga sedang mempertimbangkan kontrol sensor yang ketat terhadap pornografi di internet. Langkah ini dilakukan sebagai perlindungan terhadap hak wanita sekaligus pembatasan wanita menjadi obyek seksual.

2. Finlandia
Finlandia adalah negara yang mengusung persamaan gender dalam undang-undang negaranya. Hal ini dapat dilihat dari cuti melahirkan yang bisa mencapai 263 hari atau hampir sembilan bulan. Belum lagi terjadinya peningkatan lulusan sarjana wanita hampir di segala bidang yang biasanya didominasi oleh kaum pria. Tak salah jika Finlandia termasuk dalam indeks "Global Gender Gap Index" sebagai negara yang memihak wanita.

3. Swedia
Swedia memiliki kementrian khusus yang menangani persamaan gender dan kualitasnya, yaitu Ministry of Integration and Gender Equality dan Secretariat of Gender Research. Selain itu, Swedia juga dikenal sebagai negara yang peduli terhadap pendidikan dan bantuan bagi anak dan perempuan. Salah satu keistimewaan yang dimiliki wanita yaitu adanya cuti hamil hingga 69 minggu. Pantas saja jika PBB menempatkan negara ini sebagai salah satu negara percontohan bagi persamaan gender.

4. Norwegia
Norwegia memiliki 40 persen anggota wanita dalam parlemennya. Perundangannya juga telah meloloskan gender quality. Sama halnya dengan negara yang mengistimewakan wanita, Norwegia juga memberikan hak cuti istimewa bagi wanita hamil. Bahkan, di Norwegia pendapan kaum wanita termasuk yang paling besar. 

5. Selandia Baru
Pada tahun 2000, posisi tertinggi di Selandia Baru mulai dari ratu, gubernur, perdana menteri, hingga ketua parlemen dipegang oleh wanita. Negara ini juga termasuk yang pertama memberikan kesempatan pada wanita dalam pemilihan umum. 

6. Inggris
Inggris sangat peduli terhadap pendidikan kaum wanita. DI negara ini, jumlah wanita yang menempuh pendidikan tinggi sangat besar. Hal ini juga ditunjang dengan pemberian bantuan kepada ibu hamil dan ibu tunggal. 

7. Kanada
Kanada juga termasuk dalam negara yang telah menempatkan wanita dalam dunia politik dan pemerintahan dalam jumlah besar. Selain itu, Kanada juga terus menggarap komitmennya untuk memberikan perlakuan yang sama antara pria dan wanita. 

8. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat tidak jarang wanita dapat memegang pucuk pimpinan atau petinggi perusahaan. Dalam bidang pendidikan, bisnis, dan politik, pria dan wanita mendapatkan akses yang sama. 

9. Belanda
Belanda memiliki kebijakan dalam hal persamaan gender dalam seluruh bidang baik pendidikan, pendapatan, politik hingga pengambil keputusan.Bahkan yang paling ekstrim, negara ini juga memberikan hak wanita dalam orientasi seksual sebagai lesbian.

10. Australia
Australia memberikan akses yang sangat besar terhadap tenaga kerja wanita, kesehatan hingga pemberdayaan wanita. Banyak kesempatan terbuka lebar di negara ini bagi kaum wanita untuk berkiprah dengan berbagai keistimewaan di dalamya. 

Persamaan gender seharusnya memang harus bisa dinikmati oleh kaum wanita di seluruh negara di dunia. Tentu persamaan gender yang dimaksud adalah persamaan gender yang berkualitas, sesuai dengan hak tanpa meninggalkan kewajiban masing-masing. 

Di Indonesia, bagaimana isu tentang hak istimewa bagi wanita? Apakah wanita sudah diistimewakan?

Artikel Media Kita Lainnya :

2 comments:

Scroll to top