Ini Manfaat Tersembunyi Dari Biji Nangka!

Selama ini mungkin banyak yang memandang sebelah mata biji nangka. Biji nangka hanya dianggap hasil samping yang langsung dibuang setelah menikmati daging buah nagka. Padahal, biji nangka juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan buah nangka. Biji nangka yang telah diolah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Biji nangka mengandung  protein, serat, karbohidrat, vitamin A, B, dan C, fosfor, seng, serta kalsium. Selain itu, kandungan fitronutrien seperti saponin, isoflavon, dan lignan yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kanker. 

Biji nangka yang dikonsumsi setelah diolah, memiliki manfaat tersembunyi sebagai berikut.

Mencegah sembelit
Sembelit atau susah buang air besar merupakan kondisi buang air besar kurang dari tiga kali per minggu. Salah satu penyebabnya yaitu kurang serat yang dikonsumsi. Kandungan serat pada biji nangka dapat mencegah sembelit. Selain itu, biji nagka juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Anti penuaan dini
Penuaan dini kerap ditandai dengan munculnya keriput di wajah. Biji nagka mengandung antioksidan yang berperan sebagai anti penuaan dini. Caranya dengan menghaluskan biji nangka dan campur dengan susu. Selanjutnya, gunakan sebagai masker wajah. 

Menyembuhkan penyakit kulit
Biji nangka mengandung protein dan mikronutrien yang baik untuk kulit. Oleh sebab itu, biji nangka dapat juga diguankaan sebagai obat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Selain itu, biji nagka juga menjaga kelembaban kulit tetap alami.

Menghaluskan kulit
Biji nangka juga bisa menghaluskan kulit saat dikolaborasikan dengan susu dan madu. Caranya, haluskan biji nangka, lalu campur dengan susu dan madu. Aduk rata dan gunakan sebagai masker pada kulit. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada kulit Anda.

Menghilangkan stress
Biji nangka juga ampuh dalam menghilangkan stres. Kandungan mangan yang tinggi dapat menjaga kadar gula darah darah dan menjaga aliran darah tetap lancar.

Menjaga kesehatan rambut
Biji nangka memiliki kandungan vitamin A yang mampu menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, bisa juga untuk menyuburkan rambut.

Mencegah anemia
Biji nangka juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi ini berperan untuk membantu mencegah anemia.

Nah, ternyata banyak bukan manfaat dari biji nangka. Sudah saatnya kita kembali ke bahan-bahan terdekat kita untuk menunjang kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top