Rawat Ginjal dengan 7 Sayuran ini!

Ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam sistem ekskresi manusia. Ginjal berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darah di dalam tubuh akibat makanan atau minuman yang kita konsumsi sembarangan.

Rawat Ginjal dengan 7 Sayuran ini!

Begitu pentingnya peran ginjal dalam tubuh mengharuskan kita selalu menjaga dan merawatnya dengan baik. Salah satu cara yang paling mudah merawat ginjal yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Terutama, beberapa jenis sayuran berikut ini yang memiliki vitamin yang sangat baik untuk kesehatan ginjal kita.

Berikut ini 7 sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal.

1. Kubis
Kubis kaya akan fitonutrien dan berbagai vitamin seperti A, K, C dan serat yang baik untuk ginjal. Berbagai kandungan tersebut merupakan antioksidan alami. Selain itu, kubis mengandung photochemicals yang meningkatkan kesehatan kardiovaskuler dan mencegah kanker.

2. Kembang Kol
Kembang kol atau yang biasa disebut sebagai kubis bunga ini juga merupakan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Kembang kol juga memiliki kandungan yang bisa mengurangi peradangan dan oksidasi dalam ginjal.

3. Bawang Putih
Bawang putih dikenal memiliki antioksidan yang tinggi dan sangat baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh serta peradangan ginjal. Oleh karena itu, bawang putih baik saat digunakan sebagai pelengkap sayur dan bahan makanan lainnya.

4. Wortel
Mungkin wortel seringkali hanya dihubungkan sebagai nutrisi mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Padahal, wortel juga sama baiknya untuk mengontrol diabetes dan mencegah penyakit ginjal. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C, sodium dan serat yang tinggi.

5. Bawang Bombay
Bawang bombay merupakan bahan makanan yang rendah kalori, kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan, bawang Bombay memiliki kandungan yang bisa mengurangi kekentalan darah. Dengan berbagai kandungan tersebut, bawang bombay sangat bagus untuk mencegah kristalisasi batu ginjal.

6. Lobak
Lobak mengandung vitamin A, B1, B2, niasin, minyak atsiri, kolin, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi dan asam oksalat. Berbagai kandungan tersebut mampu membersihkan racun di dalam ginjal. Hal ini tentu sangat baik karena mencegah terjadinya infeksi pada ginjal.

7. Biji Labu
Mungkin kita sering mengetahui manfaat labu bagi kesehatan tubuh. Ternyata, biji labu pun memiliki manfaat yang tak kalah baiknya. Biji labu mengandung zat antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat mengurangi resiko batu ginjal sekaligus memperlancar kerja ginjal.

Nah, ketujuh sayuran diatas adalah sayuran yang sering kita temui dalam menu sehari-hari. Kini jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya karena sangat baik bagi kesehatan ginjal kita. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top