10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Kanker termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak di derita di negara berkembang seperti Indonesia. Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Sel tidak normal tersebut terus berkembang an berubah menjadi sel kanker. Sel kanker dapat menyebar dan menyebabkan kematian. 
10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Pertumbuhan sel kanker dapat terus meluas dan merusak jaringan disekitarnya. Umumnya, penyakit kanker ini akan menimbulkan keluhan atau gejala jika penyakitnya sudah stadium lanjut. Kanker dapat menimpa semua orang, semua golongan umur, meskipun lebih banyak ditemukan pada orang berusia 40 tahun. Sebutan lain dari kanker yang familiar di masyarakat yaitu tumor ganas. 

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita KankerOleh karena itu, deteksi dini pada organ tubuh Anda, apakah ada benjolan yang abnormal, disfungsi organ, atau gejala lain yang mengarah pada kanker. Jika ditemukan, segera periksakan diri untuk memastikan. Selain itu, sebagai upaya pencegahan dan meminimalkan resiko kanker lebih lanjut, berikut ini 10 makanan yang harus dihindari para penderita kanker.

1. Makanan mengandung zat karsinogenik

Kini banyak sekali makanan yang diduga dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Makanan tersebut mengandung zat karsinogenik yang memicu pertumbuhan sel kanker. Beberapa zat yang diduga bersifat karsinogenik antara lain :
  • Monosodium Glutamat (penyedap rasa) yang banyak terdapat pada makanan ringan
  • Sakarin/Siklamat (pemanis buatan ), yang banyak terdapat pada produk minuman, karena bisa menggantikan manisnya gula. 
  • Zat pengawet makanan (natrium benzoat), makanan yang mengandung zat pengawet bisa menyebabkan kanker usus.
  • Zat pengenyal makanan ( formalin, borax, bleng, fizer ), sering dicampurkan pada pembuatan bakso.
  • Rodamin B (zat pewarna), banyak terdapat pada minuman/makanan anak yang penuh warna.
2. Makanan tinggi minyak dan lemak jenuh

Makanan yang dimasak di dalam minyak dengan suhu yang tinggi dapat menjadi penyebab kanker karena kandungan formaldehida di dalamnya. Apalagi jika minyak yang digunakan telah dipakai berulang kali. Sedangkan makanan yang mengadung lemak jenuh terlalu tinggi akan menyebabkan obesitas dan memperparah resiko kanker. 

3. Makanan yang dibakar dan diasap

Makanan yang dibakar dan diasap mengakibatkan bagian luarnya hangus dan menghasilkan senyawa kuinon dan benzopirene. Kedua senyawa ini dapat merangsang pertumbuhan kanker. Jangan berlebihan saat mengonsumsi sate, ikan bakar, ikan asap dan jenis makanan lain yang dibakar dan diasap.

4. Makanan dan minuman kaleng

Makanan dalam kaleng biasanya mengandung garam natrium nitrit untuk mengawetkan dan mempercantik makanan. Senyawa tersebut jika berikatan dengan amino dapat membentuk nitrosamine yang bersifat karsinogen. Sedangkan minuman kaleng seperti jus juga berbahaya akibat pemrosesan dan pasteurisasi. Lebih baik mengonsumsi jus segar yang dibuat sendiri tanpa proses pengawetan dan tambahan pemanis buatan. 

5. Sayuran dan buah berpestisida

Awalnya, sayuran dan buah sangat baik dikonsumsi karena kandungan serat dan vitaminnya yang tinggi. Namun, sayuran dan buah dapat menyebabkan kanker jika mengandung pestisida dan langsung dikonsumsi. Oleh karena itu, cuci dan bersihkan secara maksimal hingga pestisida benar-benar hilang dari buah dan sayur.

6. Kue dan makanan manis

Makanan manis mengandung sejumlah besar gula di dalamnya. Mengonsumsi makanan manis berlebihan dapat menyebabkan kanker, diabetes, obesitas dan masalah kesehatan lainnya. 

7. Soda

Soda tidak hanya mengandung banyak gula, namun juga bahan kimia dan pewarna. Bahan-bahan tersebut akan mengasamkan tubuh dan mempercepat pertumbuhan sel kanker. Batasi konsumsi soda Anda untuk menghindari kanker.

8. Alkohol

Alkohol mengandung berbagai zat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mempercepat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dari hasil penelitian di Amerika, terungkap bahwa 200 ribu wanita yang mengonsumsi alkohol segelas setiap hari mengalami peningkatan resiko kanker payudara hingga 30%.

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur konsumsi makanan sangatlah penting untuk menghindari resiko kanker. Pertumbuhan sel kanker yang cepat dan tak terkendali dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, hindari kesepuluh makanan diatas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko kanker. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top