Ojesy, Ojek Khusus Perempuan yang Ramaikan Ojek Online

Saat ini, usaha transportasi roda dua seperti ojek sedang digandrungi oleh masyarakat. Begitu pula dengan kehadiran Ojesy. Ojesy singkatan dari Ojek Syar'i Indonesia juga ikut meramaikan pasar ojek online di Indonesia. Mulai bulan Oktober 2015 ini Ojesy akan meluncurkan aplikasi ojek online untuk memudahkan pemesanan pada calon pelanggannya. Awalnya, Ojesy yang lahir pada 10 Maret 2015 ini hanya melayani permintaan ojek melalui telpon dan WA (whatsapp). 


Ojesy ini ditujukan khusus bagi wanita yang membutuhkan ojek untuk bepergian. Tarif yang dikenakan pada penumpang Ojesy yaitu 5 ribu rupiah untuk tarif awal dan per kilometer (km) sebesar 3 ribu rupiah. Ojesy yang berasal dari Kota Surabaya ini telah berekspansi di sembilan kota di Indonesia yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, dan Gresik. Kini Ojesy memiliki 260 armada yang tersebar di sembilan kota tersebut. 

Ojesy sendiri didirikan oleh Reza Amir dan Evilita Andriani berawal dari curhat penumpangnya yang membutuhkan jasa ojeg khusus wanita. Evilita yang dulunya bekerja sebagai kurir pengantar barang dan penumpang ini kemudian menyambut baik ide tersebut. Evilita dan Reza Amir kemudian merumuskan permasalahan dan mulai menjalankan bisnis ojek ini. Mulai dari pemesanan dengan cara sederhana, perekrutan pengemudi dan membuat laporan keuangan, menentukan tarif yang cocok mereka lakukan sendiri. 

Kini Ojesy yang telah merambah ke sembilan kota itu semakin profesional dalam bisnisnya. Untuk menjadi pengemudi Ojesy ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar. Diantaranya, persyaratan umum seperti harus memiliki SIM C dan motor yang layak jalan, juga persyaratan khusus seperti harus wanita yang berjilbab dan berpakaian tidak ketat. Hal ini tentu sesuai dengan namanya Ojek Syar'i. Sistem bagi hasil yang diterapkan Ojesy yaitu 30 persen untuk manajemen dan 70 persen untuk pengendara. 

Ojesy merupakan ojek online pertama di Indonesia dengan segmentasi pasar khusus wanita. Tentu ini memberikan angin segar bagi wanita yang ingin bepergian secara aman tanpa segan berkendara. Ojesy akan terus berkembang dan meluaskan sayapnya untuk memenuhi permintaan pasar di Indonesia. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top