Waspadai 5 Pemicu Penyakit Jantung Ini!

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Datanya, 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan oleh terhambatnya suplai darah ke jantung. Terhambatnya suplai darah ini paling sering terjadi karena penyembpitan pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol atau protein tertentu. 

Waspadai 5 Pemicu Penyakit Jantung Ini!

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, baik kaum muda, orang tua, pria maupun wanita. Bahkan, 50% penderita penyakit jantung menyerang pada usia 30-50 tahun. Hal ini dipicu oleh kebiasaan merokok, kurang berolahraga dan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus mulai waspada dengan mengetahui beberapa pemicu penyakit jantung berikut ini.

1. Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Tekanan darah yang sering terlampau tinggi dapat menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, fungsi jantung untuk mengumpulkan dan menyalurkan darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya menurunkannya hingga batas normal dan menjaga pola hidup sehat.

2. Kolesterol Tinggi
Pemicu selanjutnya yang paling sering terjadi yaitu akibat dari menumpuknya kolesterol pada pembuluh darah. Hal ini menyebabkan menyempitnya pembuluh darah jantung sehingga tidak dapat mengalirkan secara normal. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya periksa kadar kolesterol Anda dan atur asupan makanan agar kolesterol dapat terkontrol. 

3. Kebiasaan Buruk
Bagi Anda yang sering melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol harus mewaspadai penyakit jantung. Pasalnya, akumulasi kebiasaan tersebut memicu penyakit jantung kronis. Datanya, jumlah perokok di Indonesia semakin bertambah dengan usia perokok yang semakin muda. Hal ini tentu kabar buruk karena angka kematian akibat penyakit jantung diprediksi terus meningkat pada hingga tahun 2030.

4. Obesitas
Obesitas lebih rentan terkena penyakit jantung karena konsumsi makanannya yang cenderung lebih banyak. Konsumsi makanan manis, berminyak dan asin yang cenderung tinggi dapat memicu obesitas. Ditambah lagi kebiasaan olahraga yang kurang pada penderita obesitas. Oleh karena itu, sebelum terlambat atur kembali berat badan Anda agar kembali normal. 

5. Penyakit Tertentu
Penyakit tertentu yang dimaksud merupakan penyakit kronis yang biasanya berkaitan dengan organ dalam. Penyakit tersebut juga dapat memicu penyakit jantung. Jantung merupakan organ vital sehingga lebih rentan terkena imbas akibat penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, jaga pola hidup Anda ketika sehat dan lakukan medical check up secara berkala untuk mengetahui keadaan diri.

Dengan mengetahui faktor pemicu penyakit jantung ini, diharapkan Anda lebih giat menjaga kesehatan. Menghindari penyebab merupakan langkah pencegahan yang paling mudah. Ditambah pola hidup sehat maka penyakit jantung tak mudah menyerang diri Anda. Berikut ini 4 langkah menghindari serangan jantung.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top