Makanan Penyebab Keracunan dan Cara Mengatasinya

Makanan Penyebab Keracunan dan Cara Mengatasinya
Beberapa makanan disinyalir memang dapat menjadi penyebab keracunan jika dalam salah dalam proses pengolahannya, telah kadaluarsa atau memang makanan tersebut mengandung racun. Perlu ketelitian dalam memilih makanan sebelum dikonsumsi, pengetahuan tentang makanan tersebut dan mengerti cara pengolahan yang benar. Biasanya orang yang mengalami keracunan karena makanan mengalami gejala berupa pusing-pusing, mual hingga muntah-muntah. Bahkan dalam beberapa kasus dapat juga menyebabkan kematian. Oleh karena itu, menjadi wajib bagi kita mengetahui makanan apa yang dapat menyebabkan keracunan dan bagaimana mengatasinya. Nah, berikut ini beberapa makanan penyebab keracunan dan cara mengatasinya

1. Keracunan udang 
Ketika kita keracunan udang, usahakan agar langsung dimuntahkan. Untuk memberikan rangsangan muntah, bisa dilakukan dengan makan telur mentah yang sudah dikocok atau minum susu sapi mentah. Setelah itu,  minum air kelapa untuk menetralisir racun dalam tubuh.  

2. Keracunan daging atau ikan busuk 
Cara mengatasinya yaitu dengan minum segelas air santan kelapa yang kental dan segelas air kelapa muda. Jika Anda mau dapat juga ditambahkan 20 gr kaolin pada air kelapa tersebut.

3. Keracunan jamur 
Keracunan jamur dapat diatasi dengan minum sebutir telur ayam yang telah dikocok kemudian meminum santan kelapa kental. Santan kelapa kental dapat diganti dengan segelas air kelapa.

4. Keracunan singkong, gadung atau kara benguk 
Keracunan makanan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Jika Anda tak begitu suka karena asinnya, diganti dengan mencampur gula jawa atau gula kelapa.

5. Keracunan makanan busuk 
Tak sengaja mengkonsumsi makanan busuk dapat menyebabkan keracunan. Cara mengatasinya yaitu usahakan muntah untuk mengeluarkan racunnya dan minum norit. Norit merupakan karbon aktif yang dapat mengikat racun.

6. Keracunan alkohol 
Ketika keracunan akibat alkohol usahakan untuk muntah. Setelah itu minum kopi pahit dan kompres kepala dengan menggunakan es.

7. Keracunan obat sakit kepala 
Jika Anda keracunan obat sakit kepala, usahakan untuk muntah. Kemudian minum susu atau santan untuk menetralisir racun.

8. Keracunan obat tidur dan zat asam
Konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dan usahakan untuk muntah. Setelah itu minum norit dan garam inggris sebagai obat pencuci perut.

Pengetahuan tentang makanan penyebab keracunan ini sebaiknya diketahui, terutama bagi ibu rumah tangga. Dengan mengetahui penyebab keracunan maka Anda dapat menentukan cara mengatasi keracunan tersebut secara tepat. Berbagai cara diatas adalah langkah pertolongan pertama ketika terjadi keracunan. Setelah penanganan tersebut sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top