Cara Mencegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan


Cara Mencegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan
Kini menggunakan jam tangan bukan lagi kebutuhan namun juga gaya hidup. Tak hanya sebagai penanda waktu namun juga sebagai mode dan aksesoris pendukung, sehingga tak heran jika penampilan kurang lengkap tanpa jam tangan. Ada beberapa orang yang menggunakan jam tangan sering mengalami iritasi kulit. Hal ini bisa disebabkan bahan tali jam atau karena penggunaannya kurang tepat. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini cara mencegah iritasi kulit akibat jam tangan.

1. Sesuaikan bahan tali jam
Ketika memilih jam tangan, kenali bahan tali yang digunakan. Sesuaikan dengan karakter kulit Anda. Pilih jam tangan yang nyaman ketika menyentuh kulit. Karena setiap orang memiliki sensitivitas kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikan bahan tali jam, apakah berbahan kulit asli, sintetis, plastik, rantai atau sejenis kain berbahan tebal yang cocok bagi kulit Anda.

2. Model tali jam yang tidak terlalu lebar
Model tali jam yang terlalu lebar akan menutup area kulit tangan lebih banyak. Jika kulit Anda sensitif, tentu ini akan memperbesar resiko iritasi kulit. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah jam tangan dengan tali jam yang tidak terlalu lebar sehingga resiko iritasi kulit semakin kecil.

3. Jangan memasang tali jam terlalu ketat
Memasang tali jam terlalu ketat dapat membuat kulit sulit bernafas dan keringat tertahan. Kulit yang tertekan seperti ini mudah sekali mengalami iritasi. Tanda Anda memasang tali jam terlalu ketat yaitu, menimbulkan warna belang pada kulit atau disertai kemerahan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jam tangan agak longgar sehingga resiko iritasi semakin kecil.

4. Pastikan kulit tangan kering
Menggunakan jam tangan ketika kulit tangan yang masih lembab atau basah akan mengakibatkan tumbuhnya jamur penyebab iritasi. Tandanya kulit akan terasa gatal-gatal. Kulit basah bisa disebabkan bilasan air, keringat atau penggunaan lotion. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan kulit tangan kering dengan cara mengeringakan dengan handuk atau tisu sebelum menggunakan jam tangan. 

5. Taburkan bedak pada kulit tangan
Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, tak ada salahnya menggunakan bedak khusus untuk mencegah iritasi kulit. Bedak khusus ini akan menyerap keringat agar tidak lembab saat menggunakan jam tangan. Taburkan bedak secukupnya agar tak menimbulkan warna kontras pada kulit tangan. 

6. Angin-anginkan setelah selesai digunakan
Menyimpan jam tangan di tempat tertutup setelah digunakan dapat memicu tumbuhnya jamur pada tali jam tangan. Akibatnya ketika digunakan kembali maka akan bersinggungan dengan kulit tangan dan menyebabkan iritasi kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu setelah digunakan. Pastikan benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya atau menggunakannya kembali.

7. Konsumsi vitamin E
Vitamin E bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Konsumsi vitamin E secra teratu untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. Terutama jika Anda sering mengalami iritasi kulit. Jika kulit terasa gatal akibat penggunaan jam tangan, sebaiknya jangan digaruk tapi taburkan bubuk vitamin E agar rasa gatal berkurang dan tidak menimbulkan iritasi lanjutan.

Menggunakan jam tangan adalah gaya hidup, aksesoris sekaligus penanda waktu. Jam tangan adalah kebutuhan kita sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya pilih jam tangan yang benar-benar sesuai dengan karakter diri dan kulit tangan kita. Sehingga kita bisa tampil gaya dan nyaman.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top