Begini Tips Mencegah Gigi Berlubang

Gigi merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki peranan dalam merobek dan mengunyah makanan, berbicara dan keindahan. Untuk menjalankan berbagai fungsi tersebut maka diperlukan gigi yang sehat dan kuat. Gigi yang berlubang tentu dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu fungsi dan keindahannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan agar gigi tidak berlubang sehingga fungsi dan keindahannya tetap terjaga.

Begini Tips Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang pada umumnya disebabkan oleh bakteri pada mulut yang mengubah gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam. Lingkungan gigi yang menjadi asam mengakibatkan lubang kecil pada email gigi. Lubang yang kecil akan menjadi tempat sisa makanan dan bakteri yang dapat membuat lubang gigi bertambah besar hingga mencapai dentin. Lubang yang semakin besar jika tetap dibiarkan akan menjadi lebih dalam hingga mengenai saraf dan menyebabkan rasa sakit. 

Sebelum lubang tersebut terjadi, maka sebaiknya cegah gigi berlubang dengan perawatan yang benar. Berikut ini beberapa tips mencegah gigi berlubang yang daat Anda lakukan.




  1. Sikatlah gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Hal itu dapat menghindarkan berbagai masalah mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut tidak sedap. 
  2. Hindarilah menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam karena dapat merusak gigi. 
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang. 
  4. Untuk menjangkau gigi yang sulit dijangkau, dapat diatasi dengan menggunakan sikat gigi yang tepat dan dirancang untuk menjangkau sela-sela gigi dan bagian terdalam. Sikat gigi itu biasanya memiliki bentuk yang mengikuti kontur mulut, ujung kepala yang kecil dan bulat, bulu yang lembut, dan gagang yang mantap untuk digenggam. 
  5. Gosok gigi dengan gerakan vertikal atau memutar dari arah gusi ke gigi. 
  6. Untuk gigi di bagian permukaan kunyah, sebaiknya disikat dengan gerakan maju mundur. Sikat juga gigi bagian dalam dekat permukaan lidah dan langit-langit dengan gerakan mencungkil. 
  7. Sikat bagian permukaan lidah karena merupakan tempat berkumpulnya bakteri. 
  8. Sela-sela gigi dapat dibersihkan dengan bantuan benang gigi atau dental floss yang bisa dibeli di apotik atau supermarket. Anda dapat juga menggunakan pasta gigi yang terinspirasi dari keunikan dental floss yaitu pasta gigi yang mengandung Microgranules yang membantu membersihkan sela-sela gigi dan Zinc Citrate yang merupakan anti bakteri. 
  9. Berkumur dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan memperkuat gigi dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Bakteri perusak gigi juga dapat hilang dengan penggunaan obat kumur dengan kandungan tertentu. Penggunaan obat kumur tidak disarankan untuk anak-anak karena dapat beresiko tertelan. Untuk kenyamanan pada mulut, Anda dapat memilih obat kumur yang tidak mengandung alcohol. Namun perlu diingat bahwa penggunaan obat kumur bukan merupakan pengganti dari menyikat gigi atau membersihkan sela gigi. 
  10. Kurangi makan makanan yang manis dan lengket terutama diantara waktu makan/mengemil dan kurangi konsumsi minuman yang bersoda dan mengandung kadar gula tinggi . Akan lebih baik jika menyatukan waktu cemilan dengan waktu makan utama untuk mengurangi paparan gula dalam mulut. 
  11. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau bila bulu sikat gigi sudah mengembang. 
Mencegah gigi berlubang akan membuat gigi tampak sehat dan kuat. Gigi yang sehat dan cantik dapat menambah kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk merawat gigi sebagai upaya mencegah gigi berlubang.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top