Tips Alami Terhindar Dari Gigitan Nyamuk

Seiring dengan banyaknya genangan akibat air hujan maka berkembang pula komunitas nyamuk sebagai predator. Predator penghisap darah manusia. Tak hanya cukup menghisap namun juga sering membawa penyakit yang bisa ditransfer ke tubuh korbannya. Tentu sangat berbahaya jika kondisi korban sedang dalam imun yang tidak baik. Apalagi intensitas digigitnya tak cukup sekali. Lalu bagaimana mengatasi nyamuk yang kian merajalela? Mari simak beberapa tips alami berikut ini agar terhindar dari gigitan nyamuk-nyamuk nakal.

1. Perlindungan Malam dan Pagi
Nyamuk dikenal dengan pemangsa yang paling suka berkeliaran ketika malam hari dan pagi buta. Tingkatkan perlindungan dalam dua waktu tersebut. Persiapkan diri agar predator ini tak leluasa mengganggu.






2. Makan Bawang Putih
Bawang putih selain rempah yang nikmat untuk masakan namun juga berkhasiat agar nyamuk tak mendekat. Bawang putih memang memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat antioksidan bernama allicin yang berfungsi memberikan bau dan rasa. Kabarnya bau yang cukup menyengat ini mampu mengusir nyamuk selama 20 menit. Caranya dengan mengoleskan minyak pada bawang putih ke kulit tubuh. Tapi ingat, ini akan menimbulkan efek samping bau menyengat dan sedikit pedas. 


3. Serai
Hampir sama dengan bawang putih, serai juga biasa digunakan untuk menyedapkan masakan. Selain itu serai juga terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk selama 20 menit. Gunakan serai untuk menghindari gigitan nyamuk. 




4. Bakar Sebatang Lilin (Obor)
Asap dapat membuat nyamuk menghindar. Asap bisa didapat dari berbagai sumber. Salah satunya yang paling mudah adalah dari lilin atau obor yang dibakar. Asap yang ditimbulkan mampu membuat nyamuk berpikir ulang untuk mendekat.





5. Berpakaian Panjang
Salah satu perlindungan yang mudah dilakukan yaitu dengan memakai baju berlengan panjang, celana panjang, topi dan kaos kaki. Kulit yang tertutup tampak tak menarik bagi si nyamuk.

6. Vitamin B
Konon dengan mengkonsumsi vitamin B-1 secara teratur dapat membuat nyamuk menjauh. Hal ini dikarenakan aroma yang ditimbulkan tak disukai oleh nyamuk.


7. Membuang Air Genangan
Hindari tempat-tempat berkembang biaknya nyamuk seperti pada genangan-genangan air. Buang air genangan untuk memperlambat perkembangan nyamuk. 

8. Gunakan Kipas Angin
Kipas angin mampu mempersulit nyamuk untuk terbang mendekat. Mereka akan berusaha lebih untuk bisa mendekat namun akan sia-sia jika angin yang dihembuskan cukup kencang. 

9. Singkirkan Alat Pembunuh Serangga/Bug Zapper
Alat pembunuh serangga lebih efektif digunakan untuk serangga dengan ukuran yang lebih besar. Untuk nyamuk yang memiliki body ramping maka alat pembunuh serangga akan sia-sia. Selain itu, nyamuk lebih tertarik berkeliaran pada cahaya yang redup.


10. Minyak Kayu Putih 
Gunakan produk minyak kayu putih untuk dioleskan pada kulit. Minyak kayu putih ampuh untuk menolak nyamuk mendekat dan menggigit. Baunya cukup untuk membuat nyamuk kehilangan selera makannya.

Nah, itu tadu tips alami yang cukup mudah namun ampuh agar terhindar dari gigitan nyamuk-nyamuk nakal. Selamat mencoba.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top