Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kemampuan Otak

Otak merupakan salah satu anugerah istimewa yang diberikan pada manusia. Otak menyimpan berbagai kecerdasan yang dapat terus berkembang. Kemampuan luar biasa yang yang harus kita jaga. Menjaga ketajaman otak tidak hanya dari konsumsi makanan yang bergizi. Kebiasaan-kebiasaan yang baik pun harus terus kita jaga agar ketajaman otak tak pudar. Sebaliknya, kita juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak. Berikut ini beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat merusak kemampuan otak.
1. Tidak sarapan
Sarapan bagi sebagian orang merupakan hal yang sepele. Ternyata, tidak sarapan dapat menyebabkan kadar gula dalam darah turun. Jika kadar gula darah turun maka dapat berakibat pada kurangnya pasokan nutrisi pada otak. Kurangnya nutrisi di otak mengakibatkan kemunduran kinerja otak. Jika ini Anda lakukan setiap hari maka otak akan menurun kemampuannya.

2. Berlebih dalam makan
Makan yang baik bukan makan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, tapi makan secukupnya. Artinya kita berhenti makan ketika merasa kenyang. Terlalu banyak makan dapat membuat pembuluh otak menjadi keras. Hal ini dapat memicu menurunnya kekuatan mental. 

3. Merokok
Kita sudah paham jika rokok memang memiliki dampak yang buruk pada kesehatan. Salah satunya yaitu pada otak. Otak akan menyusut seiring seringnya rokok yang dikonsumsi. Jika otak menyusut maka fungsi-fungsi yang dijalankannya juga akan berkurang. Nah, ini yang rawan menyebabkan kepikunan.

4. Konsumsi gula berlebih
Gula yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh. Tubuh yang kekurangan protein tentu akan berdampak pada perkembangan otak. 

5. Menghirup polusi udara
Polusi udara selain berdampak bagi kesehatan pernafasan kita, juga berdampak pada kemampuan otak. Karena otak merupakan salah satu organ yang banyak membutuhkan udara yang baik. Terlalu lama berada dalam lingkungan berpolusi udara akan membuat kinerja otak menurun. 

6. Kurang dan lebih dalam tidur
Tidur dalam kurun waktu yang cukup dapat membuat otak sehat. Kurang tidur membuat otak kurang beristirahat. Dampaknya, sel-sel otak mati kelelahan. Sebaliknya terlalu banyak tidur membuat otak menjadi lambat dalam bekerja.

7. Malas berpikir
Berpikir adalah cara termudah untuk melatih kerja otak. Malas berpikir membuat otak tak terlatih sehingga tak dapat berfungsi secara optimal. Berpikir dapat dibiasakan dengan rajin membaca, menulis, mendengarkan musik, dan permainan yang melatih otak. 

8. Terlalu pendiam
Terlalu pendiam dapat memicu efek yang kurang baik pada otak. Diam dalam hal tertentu memang bagus namun terlalu diam dapat membuat kerja otak menurun. Percakapan dapat memicu otak untuk terbiasa terlatih.

9. Onani dan nonton blue film
Onani dan kerabatnya yaitu blue film dapat merusak kerja otak. Jika dilakukan secara berulang dan sering maka kerja otak akan semakin menurun.

10. Minum-minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat merusak kesehatan, tak terkecuali otak. Minuman beralkohol dapat mematikan sel-sel pada otak.

11. Terlalu lama bermain HP
HP sekarang ini dilengkapi banyak fitur yang semakin membuat betah bermain dengannya. Namun perlu Anda ingat, efek gelombang radiasi yang ditimbulkannya. Dampaknya gelombang tersebut dapat memperlambat perkembangan otak.

Secara sadar atau tidak kita banyak melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kita mulai merubah kebiasaan yang dapat merusak kemampuan otak kita. Otak kita adalah aset yang terus kita gunakan selama hidup ini.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top