Bagaimana Memilih Sepatu Lari Yang Baik?


Sepatu dirancang sesuai dengan kegunaan untuk agar terasa nyaman dan sehat pada kaki. Demikian halnya pada sepatu lari. Sepatu lari dirancang dengan kelenturan tinggi dan berat yang ringan. Hal ini dirancang agar kaki merasa nyaman ketika lari dan beban yang dibawa berkurang. Sepatu yang tidak sesuai dengan kegunaannya namun tetap dipaksakan maka selain tidak nyaman tentu akan membawa pengaruh bagi kaki, seperti lecet, rentan keseleo, mudah capek dan lainnya. Oleh karena itu, pemilihan sepatu menjadi hal yang penting. Nah, bagaimana memilih sepatu lari yang baik. Aspek apa sajakah yang harus dipertimbangkan. Berikut ini beberapa tips memilih sepatu lari yang baik.

1. Tipe pronasi telapak kaki (gerakan kaki)

Pertama Anda harus mengenali bentuk telapak kaki dengan baik. Seperti apakah tipe kaki Anda. Karena beda tipe telapak kaki maka beda pula jenis sepatu yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Telapak kaki dengan cekungan rendah sebaiknya memerlukan sepatu yang relatif datar. Sedangkan telapak kaki yang memiliki lekukan tinggi, sebaiknya mencari sepatu dengan sol lembut di bagian tengah.

2. Bahan Peredam
Bahan peredam dirancang untuk mengurangi benturan yang berlebih sehingga kaki terasa nyaman walaupun berlari dengan jarak yang jauh. Hal ini juga penting agar kaki tak lecet dan cedera. Hindari juga memilih sepatu yang pas di kaki, berikan sedikit ruang untuk kenyamanan kaki saat bermanuver. 

3. Berat

Berat erat kaitannya dengan kecepatan lari yang akan Anda dapatkan. Semakin ringan sepatu yang Anda gunakan maka akan semakin cepat larinya. Biasanya sepatu yang lebih ringan lebih cocok digunakan untuk lari jarak dekat, kurang 5 kilometer.

4. Kelenturan
Sepatu lari yang memiliki kelenturan tinggi dapat digunakan untuk melakukan banyak gerak, bermanuver secara fleksibel. Sepatu yang kelenturannya kurang akan memeperlambat lari karena banyak energi gerak yang teredam.

5. Ventilasi
Ventilasi berkaitan dengan suhu yang ada di dalam sepatu. Jika suhu dalam sepatu tinggi, tentu akan membuat kaki tidak nyama apalagi ketika lari. Kaki bisa menjadi sangat basah dan bau. Ventilasi yang baik dapat membuat kaki tetap nyaman dan segar ketika berlari dengan jarak jauh.

Memilih sepatu harus disesuaikan dengan kegunaan dan penggunanya. Apakah sekarang Anda sudah memutuskan untuk membeli sepatu lari yang cocok dengan diri Anda?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top