Keramas Tiap Hari Ternyata Tak Sehat!

Berapa kali Anda keramas dalam sehari? Apakah lebih dari 1 kali? Jika ini telah menjadi kebiasaan Anda maka segeralah berubah. Keramas dengan menggunakan shampo dengan bahan kimia ternyata tak baik jika dilakukan setiap hari.


Shampo kini hadir dengan beragam variasi dan spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan jenis rambut dan masalah pada rambut. Meskipun demikian, penggunaan shampo secara berlebihan ternyata juga dapat membuat masalah lain pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, rambut memiliki minyak alami yang dapat terkikis dengan seringnya berkeramas. Nah, berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan dari keramas setiap hari.

1. Warna rambut memudar
Ketika keramas, secara otomatis kultikula rambut akan membuka. Kultikula berperan sebagai penjaga warna pada rambut. Jika seetiap hari kultikula membuka maka kita dapat kehilangan banyak warna pada rambut. Efeknya adalah rambut terlihat tak hitam seperti warna aslinya. 

2. Rambut tak berkilau
Rambut memiliki minyak alami dari kulit kepala. Jika terlalu sering keramas maka dapat membuat minyak alami ini terkikis. Akibatnya rambut akan nampak kusam dan tidak berkilau lagi. 

3. Rambut rontok dan mudah patah
Sering berkeramas menyebabkan kita sering pula mengeringkannya dengan bantuan hairdryer. Penggunaan hairdryer yang terlalu seing pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan mudah patah. 

4. Rambut tak sehat
Penggunaan shampo yang terlalu sering dapat menyebabkan adanya penumpukan residu yang tertinggal. Residu bekas shampo ini dapat menyebabkan rambut tak sehat. Tak jarang menimbulkan masalah baru pada rambut. 

Oleh karena itu, keramas sebaiknya dilakukan tidak setiap hari kecuali rambut bertipe khusus atau aktivitas khusus. Keramas dengan menggunakan shampo sebaiknya dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan aktivitas yang biasa. Selain itu, sebaiknya gunakan shampo secukupnya sesuai dengan volume rambut, jangan terlalu banyak. Keramas dengan air hangat baik untuk Anda yang bermasalah dengan rambut berminyak. Karena dapat membuka pori-pori di kulit kepala, sehingga membersihkan sisa-sisa kotoran pada kulit kepala. Sedangkan keramas dengan air dingin mampu menutup pori-pori kulit kepala sehingga mencegah masuknya kotoran serta menutup kutikula rambut dan menyerap kelembaban dari kondisioner yang Anda gunakan.

Nah,  Anda boleh juga melakukan keramas setiap hari jika Anda memiliki rambut atau aktivitas khusus seperti berikut. 

- Berketombe
Mencuci rambut setiap hari disarankan bagi Anda yang berketombe. Terdapat dua jenis ketombe yaitu kering dan berminyak. Ketombe berminyak lebih berbahaya bagi kesehatan kulit kepala dan rambut ketimbang ketombe kering.

- Berminyak
Sebenarnya, keramas setiap hari hanya diperuntukkan bagi orang yang memiliki kulit kepala berminyak, untuk menekan produksi minyak berlebihnya tersebut.

- Berkeringat
Meski Anda cenderung berkeringat, menurut dr Sama hanya membasuh rambut saja dengan air pun tak masalah, tanpa menggunakan sampo. Tetapi, jika Anda mengalami hiperhidrosis (keringat berlebih), Anda dianjurkan untuk keramas setiap hari dengan sampo berbahan ringan yang cocok untuk jenis rambut.

Terakhir, perhatikan shampo yang akan Anda gunakan. Sesuaikan dengan tipe rambut, masalah pada rambut serta aktivitas sehari-hari Anda. Selamat mencoba.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top