Public Speaking

Public speaking atau berbicara di depan umum bagi kebanyakan orang adalah hal yang sangat menakutkan. Bagi kebanyakan orang tersebut berbicara di depan umum dianggap sebagai hal yang luar biasa. Luar biasa karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berbicara di depan umum. Luar biasa karena dibutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan efektif agar apa yang kita bicarakan menjadi menarik dan diminati. Luar biasa karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut.

Kemampuan untuk berbicara di depan umum menjadi sangat penting tidak hanya agar pesan yang ingin anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh audience, namun juga karena anda dilihat oleh berjuta pasang mata. Gerak tubuh, intonasi, vokal, pilihan kata dan irama menjadi penting agar apa yang anda sampaikan menjadi menarik dan diikuti. Kemampuan public speaking akan membuka peluang anda untuk melesatkan kemampuan diri. Barangsiapa orang yang mampu menyampaikan gagasannya secara menarik dan efektif kepada orang banyak maka ia lebih berpeluang untuk mendapatkan tempatnya. Sehingga kemampuan public speaking tidak hanya mutlak diperlukan seorang motivator namun juga disetiap pekerjaan kita. Bayangkan seorang karyawan yang mampu menyampaikan idenya dengan baik maka akan lebih dipercaya dan meyakinkan. Begitu pula seorang pengajar bahkan seorang pemimpin pun harus memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Berikut 6 langkah yang dapat anda gunakan sebagai panduan untuk membangun kemapuan public speaking. Langkah-langkah ini diperoleh dari seorang motivator Indonesia, Bapak Mario teguh. 

1. Formatting yourself
Mengenali diri sendiri dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang khas dalam diri. Sifat-sifat tersebut menjadi modal yang harus dikembangkan untuk menjadi seorang public speaker.

2. Defining your message
Menentukan misi dan nilai-nilai penting yang menjadi fokus anda. Sehingga dalam menyampaikan pesan anda lebih fokus dan bersemangat.

3. Sharpening your speaking skills
Belajar dan berlatih agar kemampuan kita berbicara di depan umum menjadi lebih baik. Banyak melihat video-video dan meningkatkan jam terbang dapat membantu mempertajam kekuatan public speaking kita.

4. Positioning yourself
Memposisikan diri dengan meningkatkan kualitas diri. Semakin baik kualitas diri anda maka semakin berbeda anda dengan yang lainnya.

5. Marketing yourself
Promosikan kualitas diri anda dengan tulus. Kualitas yang baik dengan promosi yang giat maka akan meningkatkan nilai dalam diri anda.

6. Serving on the basis of quality
Ikuti dinamisasi keadaan sehingga anda selalu up to date dalam menyampaikan pesan. Selalu perbaharui teknik, pengetahuan dan cara-cara anda dalam berbicara di depan umum.

Selamat mencoba...

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top