Pengaruh Duduk Terhadap Kesehatan

Pengaruh Duduk Terhadap Kesehatan

Duduk terlalu lama dapat mengganggu kesahatan tubuh anda. Terutama anda seorang pegawai kantoran atau anda yang keranjingan bermain game, atau sekedar menonton siaran televisi yang cukup lama. Aktivitas duduk terlalu lama yaitu 8-10 jam sehari dapat memicu beberapa penyakit. Berikut beberapa diantaranya :

1. Sakit punggung dan leher
Duduk terlalu lama membuat tulang belakang anda menjadi kaku sehingga anda merasakan sakit punggung terutama dibagian bawah dan dibagian leher.
2. Metabolisme tubuh terganggu
Duduk terlalu lama dapat memacu meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

3. Resiko diabetes
Duduk terlalu lama mengurangi kerja tubuh kita. Sehingga kadar gula yang seharusnya dibakar sebagai energi menumpuk dan dapat meningkatkan resiko terkena diabetes.

4. Penyakit jantung
Resiko terkena penyakit jantung meningkat pada orang yang bekerja dengan duduk yang lama.

Duduk terlalu lama selain membuat resiko terganggunya kesehatan anda, pastinya juga akan membuat perasaan bosan dan pikiran yang jenuh. Ada beberapa tips untuk mengatasi gangguan tersebut :

1. Minum banyak air. 
Minumlah air putih 2 liter sehari, mungkin ini anjuran yang tepat. Dengan mengkonsumsi air sesuai kebutuhannya maka akan mendorong anda untuk berdiri dan berjalan-jalan ke toilet. Metabolisme tubuh menjadi lancar. Gangguang terlalu lama duduk pun terhindarkan.

2. Berdiri tiap 30 menit. 
Luangkan waktu sebentar untuk sekedar berdiri dan menggerakkan badan atau anda bisa menyapa rekan kantor anda sejenak sambil berdiri.

3. Gunakan tangga
Jika anda hanya ingin ke laintai 2 misalnya maka gunakanlah tangga sebagai relaksasi ringan mengurangi resiko gangguan kesehatan.

4. Berjalanlah
Jika memungkinkan saat menerima telepon berdiri atau berjalanlah sejenak. Mungkin ketika anda ingin mengambil file maka lakukanlah sendiri dengan berjalan. 

Nah, ambilah setiap kesempatan untuk bergerak dan berjalan sebanyak mungkin. Jika anda bekerja dengan mengharuskan anda duduk sangat lama maka usahakan berjalan setiap ada kesempatan sekecil apapun itu. Kesehatan adalah aset pribadi anda yang berharga. Anda yang harus menjaganya dengan baik.


Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top