Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Kaki

Kaki adalah salah satu organ yang harus selalu kita jaga kebersihannya. Bau kaki adalah masalah yang sangat mengganggu bagi kita. Kaki yang bau cenderung membawa rasa tidak nyaman, risih bahkan menjadikan tidak percaya diri saat beraktivitas. Sebelumnya kita harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab bau kaki. Ada 2 hal yang menyebabkan bau pada kaki, yaitu keringat dan sepatu/kaos kaki yang kita pakai. Bau kaki disebabkan oleh interaksi antara keringat dan bakteri yang tumbuh pada sepatu dan kaos kaki. Semakin banyak keringat pada kaki akan menimbulkan bau yang semakin tajam. Keringat berlebih pada kaki dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yang paling dominan karena faktor keturunan terutama pada pria, selain itu disebabkan oleh stres, pengaruh obat-obatan, makanan yang dikonsumsi, dan perubahan hormonal.


Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan bau tak sedap ini. Baik secara kimia dengan bantuan obat-obatan atau cara alami yang lebih menyehatkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol dan mencegah bau pada kaki, diantaranya :
1. Cuci kaki setiap hari dengan air sabun atau antiseptik dan keringkan hingga benar-benar kering sebelum menggunakan sepatu atau beraktivitas terutama pada sela-sela jari.
2. Gunakan kaos kaki yang menyerap keringat, misalnya yang berbahan katun dan ganti secara rutin.
3. Jaga kebersihan kuku kaki dari kotoran dan debu.
4. Rawat dan rajin potong kuku pada kaki.
5. Usahakan agar kaki sering menghirup udara segar agar tidak lembab dan bau.
6. Jika kulit kering maka oleskan pelembab agar kulit kaki tidak pecah-pecah
7. Gunakan sepatu yang pas di kaki dan berbahan kulit atau yang memiliki sirkulasi udara yan baik agar memungkinkan kaki untuk bernapas. 
8. Jika terdapat luka pada kaki, segera obati agar tidak menjadi sarang bakteri.

Berikut beberapa tips cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap secara alami :
1. Menggunakan lavender atau kayu cedar
Caranya dengan memasukkan potongan lavender atau kayu cedar pada sepatu pada malam hari
2. Menggunakan baking soda
Caranya dengan memasukkan 1 sdt baking soda bisa dicampur dengan bubuk arang pada kantung kecil kemudian dimasukkan kedalam sepatu. Baking soda sangat efektif untuk menyerap bau tidak sedap.
3. Air teh atau thyme
Caranya campurkan air teh/thyme kedalam air hangat kemudian rendam kaki beberapa menit didalamnya. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
4. Cooling foot spray
Cooling foot spray yang dijual di toko-toko juga bisa membunuh bakteri pada kaki.

Jika dengan beberapa cara pencegahan dan penghilang bau diatas tidak mempan maka ada baiknya anda mengontrol stres dan makanan dengan tetap menjaga kebersihan kaki. Jangan lupa untuk mengkonsultasikannya ke dokter. Selamat mencoba.





sumber gambar

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top