Selain Kopi, Ini 3 Minuman yang Bikin Noda di Gigi

Salah satu penyebab noda di gigi adalah makanan dan minuman yang sering kita konsumsi. Kopi mungkin menjadi penyebab yang paling banyak kita temui. Namun ternyata, tidak hanya kopi saja. Ada beberapa minuman yang turut andil besar membuat noda di gigi. 

Selain Kopi, Ini 3 Minuman yang Bikin Noda di Gigi

Minuman penyebab noda di gigi memiliki warna yang berasal dari chromogens, molekul berpigmen dengan kecenderungan kurang menempel pada enamel gigi. Selain itu, tingkat keasaman minuman juga berpengaruh terhadap terbentukanya noda di gigi. 

Nah, berikut ini tiga minuman yang bisa bikin noda di gigi Anda.

1. Air Lemon
Selain Kopi, Ini 3 Minuman yang Bikin Noda di Gigi

Lemon dikenal sebagai minuman kaya vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, tunggu dulu, mengonsumsi terlalu sering air lemon juga dapat berpotensi membuat noda di gigi. Hal ini dikarenakan tingkat keasaman air lemon dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi. Enamel yang terus terkikis, akan membuka lapisan selanjutnya yaitu dentin yang berwarna kuning. Oleh karena itu, atur konsumsi air lemon Anda secukupnya.

2. Jus dan Smoothies
Selain Kopi, Ini 3 Minuman yang Bikin Noda di Gigi

Jus dan smoothies berbahan buah-buahan memang enak dan menyegarkan. Kandungan dari berbagai buah yang diblender ini mudah menempel di gigi. Akibatnya, akan muncul noda-noda di gigi. Untuk menghindari resiko tersebut dan tetap mendapatkan manfaat vitamin dari buah, maka sebaiknya gunakan sedotan tebal saat menikmatinya. Sedotan dapat mengurangi efek munculnya noda di dinding gigi Anda.

3. Green Tea atau Teh Hijau
Selain Kopi, Ini 3 Minuman yang Bikin Noda di Gigi

Green tea bisa mejadi minuman menyehatkan sekaligus minuman untuk merilekskan pikiran. Meskipun demikian, ternyata teh hijau juga bisa menimbulkan noda di gigi. Untuk tetap dapat menikmati manfaat dari teh hijau ini, sebaiknya gosok gigi minimal 30 menit setelah meminumnya. Dengan demikian, Anda dapat merasakan nikmatnya secangkir green tea tanpa takut munculnya noda di gigi.

Ketiga minuman diatas sejatinya minuman yang kaya manfaat. Oleh sebab itu, tetap nikmati sebagaimana mestinya sambil melakukan treatment untuk menghindari munculnya noda di gigi yang tidak diinginkan.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top