Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Eye-Friendly

Kesehatan mata adalah prioritas utama yang harus kita jaga. Salah satunya dengan menciptakan suasana ruang kerja yang nyaman bagi mata. Ruang kerja yang nyaman akan mengurangi resiko kerusakan dan keluhan pada mata.

Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Eye-Friendly

Menciptakan ruangan yang eye friendly tidak harus mengubah barang menjadi mewah dan berteknologi tinggi. Bisa saja cukup menambahkan beberapa fasilitas yang membantu meminimalisir potensi bahaya pada mata. Berikut ini beberapa tips untuk menciptakan ruang kerja yang eye friendly.

1. Posisikan layar monitor komputer atau laptop di depan Anda pada jarak 50-70 cm. Atur jarak pandang dan posisi layar sejajar mata atau sedikit di bawah mata. Letakkan keyboard tepat di depan tubuh dengan posisi yang ergonomis.

2. Duduklah dalam posisi yang nyaman dan pandangan mata lurus pada layar monitor. Posisi tangan juga sejajar dengan meja kerja, tidak terlalu rendah atau tinggi. Usahakan punggung tidak membungkuk dan tidak pula terlalu tegak. Duduklah dengan santai dan nyaman. 

3. Layar monitor dengan tipe LCD memiliki daya radiasi yang lebih rendah dibandingkan tipe layar CRT. Sebaiknya gunakan layar tipe LCD atau pasang screen protector pada layar untuk mengurangi paparan radiasi ke mata. 

4. Letakkan kertas atau dokumen yang sedang Anda ketik atau sedang Anda baca dengan layar monitor. Usahakan berdekatan dan sejajar agar Anda tidak merubah fokus pandangan pada layar dan kertas. 

5. Gunakan cat berwarna netral seperti krem, hiaju muda, warna pastel dan warna sejuk lainnya untuk kenyamanan mata. Hindari menggunakan warna dinding yang terlalu gelap dan terlalu terang seperti merah, kuning, orange. Hindari juga motif yang ramai dan kontras.

6. Kondisikan suhu ruangan yang tepat. Jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas karena dapat membuat mata menjadi cepat kering.

7. Sesuaikan cahaya dalam ruangan. Pada siang hari cukup gunakan cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Saat keadaan gelap atau malam, gunakan lampu dengan cahaya merata pada seluruh ruangan. Jangan menempatkan lampu dengan posisi berhadapan dengan mata untuk menghindari silau. 

8. Jaga kebersihan ruang kerja. Ruang kerja yang kurang bersih dapat menyebabkan debu dan kuman bertebaran. Resikonya dapat menimbulkan alergi pada mata.

9. Beri sentuhan kesejukan tanaman hijau. Tanaman hijau tidak hanya menyejukkan ruangan namun juga mata Anda. Memandang tanaman hijau membuat mata lebih rileks setelah menatap layar monitor dalam waktu lama. 

Ruang kerja yang eye friendly akan membuat mata lebih sehat terjaga. Kita juga akan lebih nyaman dan betah dalam bekerja.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top