Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Suku Hunza

Suku Hunza adalah julukan bagi penduduk yang tinggal di Karakoram, kaki Gunung Himalaya. Suku ini mendapat gelar dari WHO (World Health Organization) sebagai penduduk berumur terpanjang di dunia. Rata-rata harapan hidup penduduk Suku Hunza adalah 145 tahun. Bahkan, ada beberapa orang yang mencapai umur 175 tahun.

Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Suku Hunza

Rata-rata harapan hidup Suku Hunza sangat jauh jika dibandingkan harapan hidup orang Indonesia yaitu sekitar 72 tahun. Bahkan menurut statistik, harapan hidup pria Indonesia kurang dari 72 tahun.

Tentu kita sebagai orang Indonesia bertanya-tanya, bagaimana Suku Hunza memiliki harapan hidup yang lebih panjang? Apa rahasianya?

Berikut ini beberapa rahasia yang terungkap dibalik harapan hidup Suku Hunza yang begitu panjang.

1. Vegetarian Sejati

Penduduk Suku Hunza telah menerapkan pola hidup vegetarian selama turun menurun. Komposisi konsumsinya yaitu 350 gram karbohidrat, 50 gram protein, dan 35 gram lemak per hari. Makanan yang paling sering dikonsumsi yaitu aprikot, gandum, tomat, mentimun, labu, dan kacang kedelai. Semua makanan ini merupakan produk ladang yang alami. Bebas pestisida, pengawet dan obat-obatan kimia. Mereka juga lebih sering mengonsumsi sayuran segar mentah tanpa dimasak dan tambahan bumbu-bumbu lain.

2. Olahraga sambil Bekerja

Ketahanan fisik Suku Hunza tak perlu diragukan lagi. Mereka terbiasa menyusuri bukit-bukit dan bekerja di ladang. Gerak aktif setiap hari ini membuat Suku Hunza terbiasa berolahraga dalam pekerjaannya. Tak heran jika penduduk Suku Hunza terbebas dari obesitas dan berbagai penyakit penyebab kematian. 

3. Struktur Sosial Menuntut Untuk Tetap Bergerak

Struktur sosial dalam Suku Hunza tidak membedakan tua dan muda dalam beraktivitas. Mereka yang telah berusia 145 tahun sekalipun masih mendapat tugas untuk mencabut rumput, memberi makan ternak, mencuci pakaian, dan menjaga anak. Mereka terus bergerak sehingga tubuh selalu aktif. Umumnya, penduduk Suku Hunza meninggal bukan karena penyakit, namun mereka meningga tenang saat tidur. Dan itulah usia pensiun penduduk Suku Hunza.

4. Hidup Penuh Kedamaian

Nah, inilah kunci paling penting dari rahasia umur panjang Suku Hunza. Penduduk Suku Hunza hidup penuh kedamaian. Mereka terbiasa saling membantu satu sama lain. Tak ada tuan tanah atau orang yang terlalu kaya. Mereka tidak pernah cemas dengan harta benda. Penduduk Suku Hunza masih menjunjung tinggi budaya “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Jangan heran jika dengan ringan hati orang yang memiliki 10 ekor sapi membagikan 5 ekor miliknya untuk membantu menggarap ladang orang lain. Selain itu, aturan dalam tatanan sosial Suku Hunza mengharamkan jual beli tanah milik mereka. 

Kehidupan Suku Hunza yang penuh kedamaian ditunjang dengan pola hidup sehat dan kondisi lingkungan yang bebas polusi membuat penduduknya memiliki harapan hidup lebih panjang. Mereka tidak rentan stress, tidak dibebani dengan materi dan terbiasa saling tolong menolong membuat mereka hidup bahagia. Bagaimana, Anda mau menerapkan rahasia ini? 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top