6 Tips Mengatasi Stres Sepulang Kerja

Masalah dalam pekerjaan seringkali membuat kita mudah stress. Ujung-ujungnya suasana hati menjadi buruk dan pikiran negatif dengan mudah bermunculan. Jika dibiarkan semakin berlarut, maka akan menimbulkan kecemasan yang berlebihan dan depresi. Bahkan, stress tersebut dapat memicu masalah kesehatan.

6 Tips Mengatasi Stres Sepulang Kerja

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya segera hilangkan stress langsung setelah pulang kerja. Sehingga, saat di rumah Anda akan benar-benar meninggalkan masalah kantor dan dapat menjalani kehidupan normal. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi stress sepulang kerja. 

1. Curhat dengan sahabat dekat 
Sepulang kerja Anda dapat bertemu dengan sahabat dekat untuk sharing dan bercerita tentang tekanan atau stress yang sedang Anda hadapi. Bercerita dengan orang kepercayaan setidaknya dapat mengurangi ketegangan dan beban pikiran Anda. Selain itu, tak jarang Anda mendapat masukan dari sudut pandang yang berbeda. 

2. Pijat
Pijat juga menjadi alternatif yang bisa Anda pilih. Saat stress, otot-otot dalam tubuh juga mengalami ketegangan. Pijat dapat membantu meredakan ketegangan leher, bahu yang pegal dan pinggang yang kaku. Setelah badan terasa rileks, pikiran pun menjadi lebih tenang dan jernih.

3. Mandi air hangat
Air hangat juga mampu mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, air hangat juga membuat tubuh dan pikiran lebih rilkes. Apalagi jika ditambah dengan aroma therapy. Dijamin, pikiran lebih tenang dan Anda bisa tidur lebih pulas. 

4. Olahraga 
Gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga tidak hanya menyehatkan badan dan mengusur segala racun dari tubuh. Namun juga ampuh mengatasi stress berlebih. Badan yang segar akan membuat pikiran juga lebih segar dan jernih. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu bersepeda, berenang, jogging, yoga dan aerobic.

5. Maksimalkan waktu tidur
Stres juga dapat diperparah karena faktor kelelahan secara fisik. Solusi terbaiknya yaitu maksimalkan waktu tidur Anda. Hindari aktivitas berat sepulang kerja, dan segera tidur. Tidur akan memulihkan kondisik fisik dan mental Anda. Rasakan saat bangun pagi, tubuh terasa lebih segar dan bersemangat memulai aktivitas kembali.

6. Berlibur 
Mungkin selama ini Anda kurang libur sehingga pikiran jenuh dan penat menghadapi rutinitas sehari-hari. Berikan waktu untuk berlibur dan refreshing. Pergilah ke tempat yang Anda suka dan menyenangkan. Tak perlu jauh, asal sesuai dengan kesukaan Anda, maka sudah cukup ampuh membuat pikiran Anda lebih segar. 

Dinamika kehidupan akan selalu melahirkan masalah-masalah yang membuat kita merasa lelah. Lelah secara fisik dan mental dapat membuat kita stress. Cegah dan hindari stress dengan mengelola masalah dengan baik. Jangan lupa juga untuk bersantai dan menikmati hari-hari Anda dengan pikiran yang positif.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top