Nyamuk Mengganggu? Singkirkan Dengan 5 Cara Ini!

Musim hujan identik dengan melonjaknya populasi nyamuk di sekitar kita. Nyamuk dikenal sebagai hewan yang mudah menyebarkan bibit-bibit penyakit. Sedangkan, saat musim hujan, sistem kekebalan kita mudah sekali lemah. Tak heran jika saat musim hujan kita lebih mudah jatuh sakit.

Nyamuk Mengganggu? Singkirkan Dengan 5 Cara Ini!

Cara terbaik menghilangkan gangguan nyamuk di rumah yaitu dengan menyingkirkan tempat perkembang biakannya. Nyamuk berkembang biak di lingkungan basah yang kotor dan tidak terawat. Setelah populasinya menurun, ciptakan suasana rumah yang bersih agar terhindar dari gangguan nyamuk. Berikut ini 5 cara menyingkirkan gangguan nyamuk di rumah. 

1. Hindari terjadinya genangan

Genangan adalah salah satu tempat berkembang biak yang disukai nyamuk. Genangan bisa terjadi di selokan, halaman rumah, pot-pot bunga, hingga wadah-wadah yang tak terpakai. Hindari terjadinya genangan dengan membersihkannya secara rutin. Selokan yang sehat dapat mengalirkan air dengan lancar dan tidak menimbulkan genangan. 

2. Biarkan matahari menembus pekarangan secara langsung

Lingkungan yang lembab tanpa sinar matahari langsung juga menjadi rumah bagi populasi nyamuk. Musim hujan memang membuat tanaman tumbuh lebih subur, sehingga ranting dan dedaunan pohon bisa menutupi matahari yang masuk. Sebaiknya, pangkas pohon yang terlalu lebat dan rumput-rumput liar yang meniggi agar lingkungan lebih bersih dan tidak lembab.

3. Jangan menumpuk sampah

Sampah yang menumpuk bisa menjadi vector penyakit yang dibawa oleh nyamuk yang bersarang. Bersihkan sampah dengan menimbun sampah organik dan membuang sampah lainnya ke tempat pembuangan sampah. Barang-barang yang tertumpuk tak terpakai juga bisa menjadi sarang nyamuk. Segera bersihkan dan rapikan tempat-tempat tersebut.

4. Sediakan pengusir nyamuk alami

Setelah melakukan ketiga hal diatas, maka kini populasi nyamuk akan berkurang drastis. Selanjutnya, isi ruangan dengan pengusir nyamuk alami. Pengusir nyamuk alami bisa berupa tanaman dengan aroma yang wangi seperti lavender, rosemary, dan sejenisnya. Letakkan di tipa sudut rumah untuk mengusir nyamuk sekaligus penghias ruangan.

5. Hembuskan angin buatan

Langkah terakhir jika masih ada nyamuk mendekat yaitu dengan mengalirkan angin dari kipas angin. Angin akan mengganggu manuver gerak dari nyamuk sehingga membuat nyamuk menyingkir dengan sendirinya.

Menyingkirkan gangguan nyamuk dari dalam dan luar rumah efektif mengurangi potensi terjangkitnya penyakit. Selain itu, lingkungan juga menjadi lebih bersih dan teratur.

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. tips yang bagus..apalgi di musim penghujan begini...rawan DBD

    ReplyDelete

Scroll to top