5 Cara Menikmati Kopi Dengan Benar

Minum kopi sepanjang hari mungkin telah menjadi kebiasaan kita sepanjang hari. Kopi menjadi teman sejati yang menemani saat kita butuh konsentrasi tinggi. Kopi juga selalu selalu menemani dikala kita sedang santai. Seakan-akan minum kopi sudah menjadi ritual wajib kita setiap hari. 

5 Cara Menikmati Kopi Dengan Benar

Kopi tidak selalu identik dengan masalah kesehatan. Kopi bisa juga bermanfaat bagi kesehatan asalkan dikonsumsi secara benar. Akan tetapi, banyak orang yang abai bagaimana menikmati kopi dengan benar. Nah, mulai sekarang ubah kebiasaan minum kopi Anda dengan cara yang benar berikut ini.

1. Hindari Minum Kopi Sebelum Jam 10 Pagi

Hal ini berkaitan dengan siklus hormonal kita dalam 24 jam, termasuk mengontrol pengeluaran hormon kortisol. Hormon kortisol ini membuat kita lebih awas dan terjaga. Hormon kortisol dalam tubuh mencapai puncaknya 3 kali dalam sehati yaitu antara jam 8-9 pagi, jam 12-13 siang dan jam 17-18 malam. 

Minum kopi saat jam puncak hormon kortisol tidak akan bermanfaat bagi tubuh. Karena pada waktu itulah tubuh sedang mengeluarkan “kafein” alaminya. Malah akan berefek negatif bagi tubuh. Efek ini biasanya baru akan dirasakan setelah 12-24 jam. Oleh karena itu, minum kopi setelah jam 10 pagi merupakan pilihan yang cerdas untuk menikmati kopi. Karena manfaatnya akan sangat terasa.

2. Gunakan Takaran yang Pas

Minum kopi dalam takaran yang pas tidak akan menyebabkan dampak negatif dalam tubuh. Takaran yang pas dalam sehari yaitu 400 mg kafein atau setara dengan 2-3 cangkir kopi sehari. Lebih dari takaran itu akan menyebabkan tubuh mengalami sakit perut, jantung berdebar, dan kesulitan tidur. Sebaiknya, minum kopi dalam jumlah yang pas, jangan terlalu banyak dan terlalu sering.

3. Ketahui Efektivitas Kopi Bekerja

Seringkali kita minum kopi di siang hari untuk mengusir kantuk yang mengganggu. Cara mengatasi hal tersebut yaitu tidurlah setelah minum kopi. Tidur siang sekitar 30 menit setelah minum kopi dapat membuat tubuh segar dan terjaga. Hal ini dikarenakan, efek kafein dalam kopi akan berdampak setelah 20-30 menit. Menurut penelitian, kombinasi minum kopi dan tidur siang sangat efektif mengatasi rasa kantuk.

4. Hindari Pemakaian Bahan Merugikan

Seringkali kita meracik kopi dengan tambahan susu, krim dan gula secara berlebihan. Padahal tambahan bahan tersebut justru dapat menghambat manfaat dari kopi. Susu, krim dan gula hanya akan menambah lemak dan kalori yang tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya, kurangi pemakaian pemanis. Jika Anda tak terbiasa dengan kopi hitam, Anda bisa mengganti pemanis tersebut dengan pemanis alami seperti kayu manis dan susu nabati.

5. Gunakan Stimulan Untuk Lebih Produktif

Kopi mengandung kafein yang bersifat stimulant dalam tubuh. Sebaiknya, konsumsi kopi saat Anda benar-benar membutuhkan stimulant untuk kembali terjaga dan semangat bekerja. Pastikan setelah minum kopi, produktivitas Anda semakin bertambah.

Menikmati kopi dengan cara yang benar akan mengantarkan kita pada manfaat yang jauh lebih besar. Sebaliknya, minum kopi asal-asalan hanya akan membawa kita pada masalah kesehatan. Oleh karena itu, perhatikan dan terapkan cara menikmati kopi dengan benar, agar Anda termasuk penikmat kopi yang cerdas.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top