Waspada 5 Kebiasaan Ini Bisa Bahayakan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh kita. Begitu pentingnya peran jantung, kita harus menjaga kesehatannya dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur. 

Waspada 5 Kebiasaan Ini Bisa Bahayakan Jantung

Namun, tidak hanya melakukan aktivitas yang sehat saja, kita juga harus memperhatikan kebiasaan kita sehari-hari. Pasalnya, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat membahayakan kesehatan jantung. Nah, berikut ini 5 kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan jantung kita.

1. Duduk sepanjang hari
Aktivitas yang cenderung menghabiskan waktu untuk tidak banyak bergerak seperti duduk setidaknya lima jam setiap hari dapat mengakibatkan resiko sakit jantung lebih besar. Oleh karena itu, jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk tidak banyak bergerak sebaiknya selingi dengan berjalan kaki selama 5 menit setiap jamnya. Hal ini membantu menjaga artieri dan mengalirkan darah dengan baik.

2. Mengonsumsi alkohol 
Kebiasaan mengonsumsi alkohol tidak hanya berakibat pada sakit jantung namun juga menjadi penyebab hipertensi, stroke dan obesitas. Oleh karena itu, segera hindari kebiasaan tidak sehat ini untuk memperbaiki kerja jantung. 

3. Stres berlebihan
Orang yang sering mengalami stres berlebihan cenderung memiliki denyut jantung yang lebih cepat dan menaikkan tekanan darah. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat beresiko pada rusaknya pembuluh darah di jantung. Oleh karena itu, kelola stres dengan baik dan jangan lupa untuk melakukan relaksasi dan refreshing.

4. Konsumsi garam yang berlebih
Konsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini akan memicu penyakit jantung. Sebaiknya, kurangi asupan natrium Anda baik pada makanan ataupun minuman. Konsumsi natrium yang baik dalam satu hari tidak lebih dari 1500 mg. (baca juga : Cara Melakukan Tes Iodium Di Rumah)

5. Kurang tidur
Setiap hari jantung kita bekerja keras untuk mengalirkan darah. Kurang tidur menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan kurang waktu untuk beristirahat. Jika trus dipaksa dalam kondisi tersebut jantung dapat mengalami gangguan serius. Oleh karena itu, atur waktu tidur setidaknya 8 jam perhari. (baca juga : Tipe-tipe Gangguan Tidur Pada Manusia)

Memiliki jantung sehat membuat kita dapat berkativitas dengan baik. Sebaliknya, jantung yang terganggu kesehatannya dapat berbahaya bagi kehidupan. Apalagi penyakit jantung dikenal sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Hindari dan Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini.

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. alkohol, dan kurang tidur sudah mampu saya atasi, tetapi stress dan duduk agak susah,..karena saya pekerja kantoran...

    ReplyDelete

Scroll to top