Cegah Batu Ginjal dengan Jus Kentang

Dari namanya tentu kita tahu bahwa batu ginjal merupakan terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material keras ini sejatinya sisa zat-zat limbah dalam darah yang dipisahkan ginjal. Sisa zat-zat limbah tersebut kemudian mengendap dan mengkristal. 

Cegah Batu Ginjal dengan Jus Kentang

Batu ginjal umumnya disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lainnya. Batu ginjal seringkali dirasakan ketika ukuran batu mulai membesar lebih dari ukuran ureter. Sehingga terjadi gesekan pada lapisan dinding ureter yang menyebabkan luka dan iritasi. Oleh sebab itu, pada penderita batu ginjal akan merasakan nyeri saat byang air kecil, disertai warna urine yang agak coklat atau kemerahan.

Menurut Dr. A.R. Adji Hoesodo, MD (H), SH, MM, MH, Dipl.L, CIBTAC, herbalis, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah batu ginjal ini adalah minum jus kentang. Kentang kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, B Kompleks,dan B6 (piridoksin). Kentang juga mengandung thiamin, niacin, asam pantotenat dan folat serta antioksidan flavonoid. Tak kalah penting lagi yaitu kandunganmineral seperti besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium. 

Cegah Batu Ginjal dengan Jus Kentang

Kandungan zat besi dan kalsium pada kentang dapat membantu pembentukan batu ginjal. Namun, kentang juga mengandung magnesium yang mampu menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal. Kemampuan inilah yang menjadikan kentang efektif untuk mencegah batu ginjal. 

Kentang dapat dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi atau cukup dengan diolah sederhana saja. Namun, dianjurkan untuk di blender, diolah menjadi jus yang sehat. Tips yang perlu dilakukan yaitu tidak dianjurkan untuk mengupas kulit kentang karena banyak kandungan nutrisi yang tersimpan dibawah kulit kentang. 

Jus kentang mudah dicerna dan bisa dikonsumsi segala jenis usia. Untuk mencegah batu ginjal, jus kentang dapat dikonsumsi setiap hari. Jus kentang ini memiliki sifat diuretik, menenangkan, anti spasmodik dan membantu pencernaan. Meskipun kentang merupakan bahan alami yang aman dikonsumsi, namun penderita gagal ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi jus kentang. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top