Cara Cepat Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh merupakan benreng pertahanan tubuh dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan. Orang yang memiliki sistem imun yang kuat dapat dipastikan lebih sehat dan jarang sakit. Sebaliknya, orang yang sering sekali sakit dapat dipastikan memiliki sistem imun yang lemah. 

Sistem imun tubuh penting untuk mempertahankan keadaan tubuh tetap bugar selama beraktivitas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Berikut beberapa diantaranya.

Cara Cepat Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Peran olahraga sangat sentral bagi kesehatan tubuh. Tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar setelah olahraga, namun dalam jangka panjang, olahraga meningkatkan sistem imun kita. Olahraga mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh dan mempertahankan kerja optimal organ tubuh lainnya.

Sehingga, jangan heran jika orang yang terbiasa olahraga secara teratur, berkeringat secara teratur, jauh lebih sehat, kuat bekerja dalam durasi yang lama, tubuh bugar dan tentunya penampilan fisik yang bagus. Nah, jika Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat olahraga maka segera lakukan. Tak perlu dalam waktu yang lama, cukup membiasakan diri olahraga 30 menit sehari sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi pemula, Anda bisa melakukan jogging 10 menit sehari dan terus bertambah durasinya hingga terbiasa. Pertama lakukan seminggu 3 kali, hingga terbiasa olahraga setiap pagi. Jika Anda suka olahraga yang lain seperti renang, senam, sepak bola dan jenis lainnya, maka lakukanlah dengan sengan hati.

2. Tidur cukup dan berkualitas
Cara Cepat Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Kita tahu bahwa tidur merupakan waktu yang diperlukan untuk regenasi sel dan pembentukan hormon-hormon dalam tubuh. Saat kita tidur dalam waktu yang cukup, maka sel teregenerasi dengan baik dan produksi hormon berjalan sebagaimana mestinya. Waktu tidur seseorang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, keadaan kesehatan dan lainnya. Namun, umumnya kita disarankan tidur 6-8 jam sehari. 

Waktu tidur yang cukup juga harus dibarengi dengan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik biasanya ditandai dengan nyenyaknya tidur seseorang, tidak terbangun saat tidur dan terasa bugar saat bangun. Ada beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas yaitu, tidurlah dalam keadaan gelap hal ini penting untuk aktivasi salah satu hormon tubuh, tidur dengan posisi yang baik yaitu miring ke kanan dan jangan tidur terlalu malam. 

Dengan tidur dalam waktu yang cukup dan kualitas yang baik, maka daya tahan tubuh juga akan meningkat. Anda tidak akan mudah lelah, tidak gampang sakit dan bersemangat melakukan pekerjaan sehari-hari.

3. Konsumsi makanan bergizi
Cara Cepat Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Anda adalah apa yang Anda makan. Perhatikan dengan baik asupan makanan Anda. Bisa jadi, Anda mudah sakit karena konsumsi makanan Anda selama ini adalah makanan berpengawet, berformalin, atau makanan yang tidak higienis (tercemar). Bisa juga karena makanan Anda tidak bergizi. Sehingga meskipun nampaknya makan dalam jumlah yang cukup, tapi tubuh Anda lemah.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat berarti terhindar dari bahan pengawet, terhindar dari bahan berformalin dan higienis. Makanan yang bergizi berarti bahan makanan Anda memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta vitamin yang melengkapinya. Makanan yang paling disarankan yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijan dan ikan. Penuhi kebutuhan vitamin, baik vitamin C, D maupun zinc.

Jika makanan yang Anda konsumsi sehat dan bergizi maka sistem pencernaan berjalan baik, penyerapan nutrisi pun berjalan maksimal. Pada akhirnya sistem imun tubuh meningkat dengan pesat.

Kesimpulan
Cara Cepat Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Jika Anda terbiasa melakukan ketiga hal diatas setiap harinya, maka bisa dipastikan sistem imun tubuh Anda kuat dan sehat. Jika belum terbiasa maka segera biasakan, mulai dari hal yang mudah dan murah bagi Anda. Ingat bahwa sistem imun yang kuat akan mendongkrak produktivitas dan prestasi Anda dalam kehidupan sehati-hari.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top