Tanda-tanda Asam Urat Anda Tinggi!

Asam urat tinggi (Hyperuricemia) merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang yang telah lanjut usia. Umumnya kadar asam urat tinggi lebih banyak diderita kaum pria dibandingkan wanita. Kadar asam urat tinggi mengacu pada konsentrasi asam urat yang tinggi pada aliran darah. Hal ini disebabkan oleh kegagalan tubuh dalam mengeluarkan asam urat atau terjadi peningkatan produksi asam urat.

Tanda-tanda Asam Urat Anda Tinggi!

Asam urat sendiri merupakan zat buangan hasil metabolisme dari purin. Purin adalah zat alami dalam sel hewan maupun tumbuhan. Purin yang kita konsumsi akan dimetabolisme menjadi asam urat. Dalam jumlah yang normal, asam urat bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi lapisan pembuluh darah.  Namun, dalam kadar yang tinggi asam urat dapat memicu berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Ada 3 hal yang menyebabkan kadar asam urat melambung tinggi yaitu : karena obat-obatan yang bersifat diuretik, niasin, vitamin B3 dan obat imunosupresif; karena kondisi medis seperti tiroid kurang aktif (hipotiroidisme), leukemia, psoriasis, dan obesitas; dan karena konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi (produk daging, makanan laut, ikan bercangkang, dan kacang-kacangan), konsumsi kafein dan alkohol.

Untuk mengetahui kadar asam urat tinggi secara lebih pasti Anda harus melakukan cek medis ke rumah sakit. Namun, sebenarnya ada beberapa tanda yang dapat Anda jadikan perkiraan bahwa asam urat Anda dalam keadaan tinggi. Berikut ini tanda-tanda asam urat Anda tinggi.
  1. Nyeri sendi yang terjadi berulang-ulang. 
  2. Biasanya nyeri sendi ini terjadi pada malam hari dan saat bangun tidur. 
  3. Pada beberapa orang rasa nyeri sendi tersebut mengakibatkan kesulitan untuk bergerak. 
  4. Sendi yang nyeri dapat mengalami pembengkakan, kemerahan dan panas yang dapat kambuh sewaktu-waktu.
  5. Kesemutan dan linu pada sendi yang biasanya terjadi pada bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
  6. Untuk mengetahui secara pasti kadar asam urat Anda maka sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat jika mengalami beberapa tanda diatas. Kadar asam urat normal bagi pria yaitu 3,5 - 7 mg/dl dan untuk wanita 2,6 - 6 mg/dl.
Mengetahui tanda-tanda asam urat tinggi penting agar kita selalu waspada dan mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan karena asam urat ini. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut kita juga lebih selektif dalam memilih makanan yang mengandung purin. Beberapa makanan yang mengandung banyak purin sebaiknya dihindari seperti : jeroan, hati, ginjal, limpa, babgat, usus, paru dan otak, udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden, daging, telur, kuah kental, tempe, oncom, susu kedelai, bayam, kangkung, daun singkong, dan kembang kol. Selain itu minuman beralkohol. Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top