4 Herbal Untuk Obat Batuk Anak

Salah satu gangguan kesehatan yang sering mengganggu anak-anak adalah batuk. Batuk merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk menjaga saluran pernapasan. Batuk juga merupakan reaksi tubuh saat menghadapi iritasi tenggorokan terhadap makanan, debu, asap dan lendir. Meskipun batuk bukan merupakan suatu penyakit namun bagi anak yang belum memiliki sistem pertahanan tubuh sempurna, batuk sangatlah mengganggu dan menyiksa. Oleh karena itu, dibutuhkan obat tanpa efek samping untuk membantu meredakan batuk tersebut.

4 Herbal Untuk Obat Batuk Anak

Obat tanpa efek samping yang paling mudah dibuat adalah obat-obatan herbal. Herbal merupakan bahan alami yang mampu membantu meredakan batuk tanpa menimbulkan efek samping seperti halnya pada obat kimia. Oleh karena itu, herbal merupakan bahan yang cocok digunakan sebagai obat batuk anak. Berikut ini 4 herbal yang mujarab digunakan sebagai obat batuk anak. 

1. Madu dan jeruk nipis
Madu terbukti secara ilmiah ampuh dalam mengendalikan batuk pada anak yang telah direkomendasikan oleh WHO. Namun, madu ini hanya baik digunakan pada anak berusia 1 tahun keatas. Madu mengandung antioksidan dan antimikroba yang mampu mengatasi batuk pada anak. Sedangkan, jeruk nipis memang sudah terkenal ampuh untuk meredakan batuk tidak hanya pada anak namun juga pada orang dewasa. Madu maupun jeruk nipis dapat dikonsumsi sendiri-sendiri maupun dikolaborasikan agar lebih maksimal. 

2. Kencur dan jahe
Kencur dan jahe memiliki kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengobati batuk pada anak. Kedua bahan ini dapat digunakan dengan mengambil air sarinya. Caranya dengan diparut hingga halu kemudian direbus dan disaring. Air sari jahe dan kencur ini kemudian diminumkan pada anak yang sedang batuk. Efek melegakan pada tenggorokan ini yang akan meredakan batuk pada anak. 

3. Daun belimbing wuluh
Belimbing wuluh dikenal sebagai buah yang asam dan biasa digunakan sebagai bahan masakan. Untuk mengatasi batuk, Anda dapat memanfaatkan daun belimbing wuluh. Caranya dengan merebus sejumlah daun belimbing wuluh dan gula batu hingga mendidih. Lalu saring dan minumkan airnya pada anak yang sedang batuk. Ramuan ini dapat diminum 2-3 kali sehari.

4. Daun sirih
Daun sirih memiliki kandungan yang dapat meredakan batuk pada anak maupun dewasa. Biasanya daun sirih ini digunakan sebagai campuran jeruk nipis. Namun, sebenarnya daun sirih sendiri dapat dikolaborasikan dengan bahan lain untuk meredakan batuk. Caranya dengan merebus daun sirih, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan kemukus secara bersamaan. Lalu air rebusan tersebut digunakan sebagai obat batuk anak. Berikan 2-3 kali sehari agar batuk anak cepat sembuh. 

Herbal merupakan pengobatan tradisional yang terkenal ampuh dapat mengobati segala macam penyakit termasuk batuk pada anak. Kelebihannya selain mudah didapat dan diracik sendiri, juga tidak menimbulkan efek samping jangka pendek maupun jangka panjang pada anak. Sehingga pengobatan herbal aman dikonsumsi dan cepat meredakan batuk pada anak.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top