Kebanyakan Makan Telur, Ini Akibatnya!

Telur merupakan salah satu sumber protein yang mudah kita dapatkan. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Satu telur rebus mengandung 78 kalori, 6,29 gram protein, 25 miligram kalsium, 0,59 miligram besi, dan 112,7 mikrogram kolin. Telur juga mengandung 22 mg folat, 260 IU vitamin, 44 IU vitamin D, 176 mg lutein dan zeaxanthin. 

Kebanyakan Makan Telur, Ini Akibatnya!

Kandungan tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kolin yang diperlukan untuk pertumbuhan fungsi otak, lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah keruskan mata, terutama katarak dan degenerasi makula. Namun masalahnya adalah segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tentu ada kadar batasnya. Misalnya, jumlah protein yang dapat dikonsumsi orang dewasa sehat setidaknya  46 sampai 56 gram protein per hari. Jumlah tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber, termasuk telur. Jika berlebih maka dapat beresiko bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, tidak baik mengkonsumsi telur terlalu banyak. Batasi konsumsi telur secara bijaksana dan variasikan makanan yang dikonsumsi tentu akan lebih baik. Berikut ini beberapa resiko yang dapat diakibatkan karena terlalu banyak mendkonsumsi telur.

1. Resiko sakit jantung
Telur sering dianggap sebagai penyebab penyakit jantung karena kandungan kolesterol. Menurut penelitian terbaru, bukan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung namun kandungan licithin yang ditemukan dalam kuning telur. Ketika dicerna licithin akan pecah menjadi beberapa komponen yang berbeda. Salah satu komponennya dapat mempercepat plak dan pengumpulan kolesterol di pembuluh darah sehingga resiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

2. Keseimbangan hormon
Terlalu sering dan terlalu banyak mengkonsumsi telur dalam sehari dapat menyebabkan naik turunnya keseimbangan hormon dalam tubuh. Terutama bagi para wanita. Untuk mencegah hal ini sebaiknya seimbangkan konsumsi telur dengan sayur dan buah.

3. Menimbulkan alergi
Mengkonsumsi telur terlalu banyak juga dapat mengundang alergi. Hal ini dapat diperparah dengan kemunculan telur-telur imitasi. Sebaiknya pilih telur yang benar-benar higienis dan berkualitas baik untuk dikonsumsi. 

4. Berat badan naik
Telur mengandung lemak dalam jumlah yang tinggi. Jika kita sering mengkonsumsi telur maka lemak yang masuk ke tubuh juga semakin banyak. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga berat badan sebaiknya konsumsi telur dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan.

5. Resiko diabetes
Pria yang mengkonsumsi telur setiap hari beresiko 55% mengalami penyakit diabetes. Sedangkan wanita yang mengkonsumsi telur setiap hari beresiko 77% mengalami resiko diabetes. Hal ini diakibatkan kandungan lemak dan kolesterol yang terkandung dalam telur. 

6. Tumbuh jerawat
Tumbuhnya jerawat dan kulit berminyak dapat dipicu oleh konsumsi telur yang terlalu banyak. Seperti pada kasus mengkonsumsi kacang terlalu banyak. 

7. Kanker
Meskipun belum diketahui dalam jumlah seperti apa telur dapat menimbulkan kanker, namun disinyalir pria yang terlalu banyak mengkonsumsi telur dapat menderita penyakit kanker prostat. 

Dengan mengetahui resiko terlalu banyak mengkonsumsi telur, kita dapat lebih mengontrol pola konsumsi kita. Makanan yang bervariasi tentu lebih sehat dengan beragam nutrisinya. Telur adalah makanan yang baik dan berguna oleh tubuh asalkan tidak berlebihan. Berapa banyak yang diperbolehkan dalam sehari tergantung dari berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan dan tingkat aktivitas harian. Mengkonsumsi telur secara berlebihan dapat meningkatkan berbagai resiko diatas. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top