Cara Alami Untuk Menambah Berat Badan

Cara Alami Untuk Menambah Berat Badan

Berat badan yang ideal yaitu seimbang antara tinggi dan berat badan merupakan impian bagi setiap orang. Berat badan ideal ini dinilai sebagai berat badan yang sehat. Terlalu gemuk dapat menyebabkan obesitas, begitu pula terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan. Bagi kita yang terlalu kurus maka sebaiknya memang kita menambah berat badan kita agar menjadi ideal. Ada banyak cara untuk menambah berat badan, baik secara alami maupun dengan bantuan obat-obatan. Tentu cara alami merupakan cara yang terbaik karena tanpa efek samping. Berikut ini cara alami untuk menambah berat badan yang dapat menjadi pertimbangan. 

1. Menambah porsi makan
Cara yang pertama tentu menambah porsi makan. Biasanya orang yang terlalu kurus memiliki nafsu makan atau pola makan yang kurang terjaga. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung nilai gizi secara teratur. Kebutuhan kalori setiap hari rata-rata seorang pria sebanyak 2.200 kalori, dan wanita 1.900 kalori. Untuk menggemukan badan sebanyak setengah kilo setiap minggunya, diperlukan tambahan 1.000 kalori setiap harinya.

2. Jenis makanan
Selain menambah porsi makan, baik juga untuk memilih makanan yang dapat membantu menambah berat badan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang disarankan, yaitu : 
  • Sayuran yang mengandung tepung, seperti jagung, wortel, lobak, kacang polog dan kentang.
  • Buah padat, seperti nanas, apel, dan pir.
  • Roti gandum, dengan olesan madu, krim atau selai.
  • Es krim atau donat bisa ditambahkan toping dengan kalori tinggi seperti mentega, mayones, krim keju dan minyak zaitun.
  • Masak sayuran dengan minyak, misalnya dengan mentega, minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak canola
3. Minum susu
Susu mengandung pelengkap gizi yang diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi susu 2 gelas per hari dapat menambah berat badan secara alami. Apalagi saat ini banyak produk susu yang khusus digunakan unutk menambah berat badan. 

4. Olahraga teratur
Olahraga banyak sekali manfaatnya bagi badan. Selain memberikan kebugaran dan rasa semangat, olahraga juga melancarkan dalam sistem pencernaan dan peredaran darah dalam tubuh. Orang yang melakukan olahraga secara teratur akan memiliki nafsu makan yang lebih baik. 

5. Camilan sehat
Biasanya berat badan cenderung bertambah karena kebiasaan ngemil makanan apapun. Namun, tentu ini tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyediakan camilan sehat untuk menambah berat badan yang sehat. Salah satu camilan sehat yaitu buah atau makanan berprotein seperti kacang-kacangan. 

6. Perbanyak minum air putih
Standar air putih yang dikonsumsi sehari adalah 8 gelas perhari. Namun hal ini tentu pada kebiasaan biasa. Konsumsi air putih bisa bertambah seiring juga bertambahnya aktivitas dan kondisi lingkungan yang yang ada. 

7. Istirahat cukup
Waktu tidur normal adalah 8 jam perhari. Seiring bertambahnya usia, waktu tidur dapat berkurang. Tidur cukup dan teratur setap harinya sangat membantu proses menggemukkan berat badan. 

Untuk menambah berat badan diperlukan usaha yang teratur dan kesabaran yang tinggi. Jangan lupa juga pengendalian. Jangan sampai ketika berat badan bertambah hingga melebihi batas ideal sehingga malah melebihan berat badan yang diinginkan. Satu yang pasti, tetap jaga kesehatan badan Anda.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top