Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia

Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia

Tahukah Anda ibukota terbaik di dunia saat ini? Tentu bukan Jakarta atau  Surabaya. Kota terbaik di dunia saat ini adalah Vienna. Vienna atau Wina adalah ibukota Austria yang kembali berada di posisi teratas menjadi kota terbaik di dunia. Kota dengan populasi 1,7 juta orang ini telah dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia selama 6 tahun berturut-turut. Pencapaian ini mengindikasikan bahwa Vienna memang kawasan yang menawarkan kualitas hidup tertinggi. Kedai-kedai kopi, arsitektur, istana, opera, dan lembaga-lembaga budaya dari era Habsburg membuatnya menjadi tujuan pariwisata utama.

Kategori ini merupakan hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan Mercer. Beberapa hal yang dipertimbangkan dalam menilai kualitas hidup kota-kota ialah pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi, tempat rekreasi, kriminalitas, dan kondisi politik. Mari kita belajar dari Vienna, kota terbaik di dunia.

Arsitektur

Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia


Vienna merupakan surga arsitektur yang memberikan kenyamanan dan kebahagiaan hidup tersendiri bagi penduduknya. Berbagai macam gaya bangunan yang indah dapat ditemukan di kota musik ini, dari arsitektur klasik hingga sentuhan modern. Beberapa di antaranya adalah Romanesque Ruprechtskiche, Baroque Karlskirche, Baroque Belvedere Palace, Highbaroque Jesuitenkriche, Rococo Schönbrunn Palace, dan Gothic Stephansdom. Wina merupakan napak tilas bagi arsitek-arsitek dunia seperti Wagner Joze Plecnik yang merancang Langer House pada tahun 1900, The Zacherlhaus pada tahun 1903, serta Plecnik’s Church of The Holy Spirit tahun 1910.

Kota Mozart dan Beethoven
Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia

Vienna merupakan kota karir bagi para musisi legendaris sekelas genius Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Sederet pemusik klasik lainnya ialah Franz Schubert, Joseph Haydn, Johannes Brahms, Gustav Mahler, Robert Stolz, dan Arnold Schoenberg. Tidak hanya musik, kota seni ini terkenal dengan teater dan operanya. Teater terbaik di antaranya adalah Burghtheater, Volkstheater Wien, dan Theater in der Josefstadt.

Kota Taman
Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia

Terdapat banyak Ruang Terbuka Hijau di Vienna. Ruang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pribadi penduduknya. Banyak tempat tenang yang bisa jadi sarana mencari inspirasi dan meregangkan pikiran. Rupanya, fasilitas untuk menekan stres di kota asri ini ada di mana-mana seperti Stadpark, Bruggarten, Volksgarten, Donaupark, dan sebagainya. Taman-taman kecil juga begitu banyak tersebar di kota indah tersebut.

Transportasi Umum
Belajar dari Vienna, Kota Terbaik Di Dunia

Tidak perlu repot mengakses berbagai tempat di Vienna. Ada berbagai pilihan transportasi yang nyaman untuk mengantar penumpang. Vienna dilengkapi dengan jaringan bus, kereta api, dan kereta bawah tanah. Jika ingin menikmati perjalanan pribadi, ada Trans Eropa yang menyediakan mobil beserta sopir dengan keahlian berkomunikasi dalam berbagai bahasa. Sistem transportasi publik yang ekstensif di ibu kota Austria ini hanya berharga 1 euro (Rp 14.500) per hari untuk kartu tahunan. 

Nah, bagaimana? Waktunya kota-kota di Indonesia berbenah. Banyak kota di Indonesia yang memiliki potensi untuk digali. Dengan pemimpin-peminpin kota yang hebat maka kita punya harapan untuk tahun-tahun depan agar salah satu kota di Indonesia menjadi kota terbaik dunia.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top