Beberapa Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Penyakit-penyakit kronis sebenarnya tidak tiba-tiba muncul sebagai penyakit akut. Pada umumnya, penyakit tersebut memiliki gejala-gejala yang telah lama mengintai. Namun, dengan kurangnya pengetahuan kesehatan maka tidak banyak yang menyadari adanya silent killer pada tubuh mereka. Biasanya mereka menyepelekan gejala-gejala yang mereka rasakan. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika membekali diri kita dengan pengetahuan kesehatan tentang bahaya dibalik gejala-gejala medis dari penyakit yang mengintai. Berikut ini beberapa gejala medis yang perlu diwaspasdai jika terdapat pada tubuh Anda.

1. Lemah tangan atau kaki, kesemutan, kebal, pusing, pandangan ganda, sulit berbicara, sulit menemukan kata-kata, lemah tubuh terutama bagaian tubuh sebelah 
Gejala seperti ini biasanya muncul pada penderita stroke. Kondisi pembuluh darah yang mensuplai oksigen ke otak mengalami penyumbatan atau pecah yang membuat jaringan otak mati. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut sejak dini maka sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat sebagai upaya preventif. 

2. Nyeri pada dada, nyeri pada tangan, dagu atau leher, keringat dingin, kelemahan yang berat, mual, muntah, ingin pingsan, atau sesak nafas 
Jika muncul gejala-gejala seperti ini maka ini merupakan tanda serangan jantung. Meskipun tidak semua merasakan nyeri di dada pada awalnya, namun biasanya hanya muncul keluhan mendadak nyeri kepala, jantung berdebar, sesak nafas, keringat berlebihan, mual dan muntah.

3. Nyeri pada kaki belakang, nyeri dada, sesak nafas atau batuk darah 
Gejala seperti ini biasanya tanda adanya penyumbatan di pembuluh darah kaki. Biasanya keluhan ini akan muncul setelah duduk dalam waktu yang lama. Jika Anda merasakannya, segera sikapi dengan berkonsultasi dengan dokter terdekat.

4. Muncul darah pada urin disertai nyeri 
Jika hanya muncul saja darah pada urine maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena ini telah di luar kebiasaan. Apalagi jika ditandai dengan nyeri, maka ini merupakan tanda adanya infeksi pada saluran kemih atau prostat atau batu ginjal.

5. Gejala asma yang tidak membaik 
Asma biasanya ditandai dengan kesulitan bernafas. Jika Anda telah mengkonsumsi obat untuk asma namun tidak membaik juga maka sebaiknya sesegera mungkin untuk memerikasakan diri ke dokter. Hal ini untuk menghindari terjadinya kelemahan otot dada yang dapat menyebabkan kematian.

Gejala-gejala yang timbul diatas merupakan gejala-gejala yang nampaknya ringan atau sekedar nyeri. Jangan pernah menganggap remeh gejala-gejala yang muncul tersebut karena serangan penyakit jantung, stroke dan lainnya begitu cepat. Oleh karena itu, jika Anda saat ini sering mengalami gejala-gejala medis tersebut, sebaiknya waspada dan segera lakukan pemeriksaan.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top