6 Tips Mencegah Menopause Dini Secara Alami

6 Tips Mencegah Menopause Dini Secara Alami
Pada umumnya wanita akan mengalami menopouse pada usia 50-57 tahun. Hal ini merupakan hal yang normal dan wajar. Namun, karena berbagai faktor saat ini menopause bisa terjadi lebih dini. Sebagian mengalami menopouses di usia 40an tahun dan ada juga yang mengalami di usia yang lebih muda. Tentu ini bukan kabar yang bagus bagi kaum wanita. Menopause dini dapat diawali dengan gejala pernah mengalami masa haid yang tidak teratur tetapi bukan karena KB, cepat merasa lelah, sering merasa pusing, susah tidur, jantung berdebar-debar tanpa sebab dan badan sering terasa pegal-pegal. Jika hal ini sering terjadi pada Anda sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Menopause dini bukan tidak dapat dicegah. Menopause dini gapat dicegah dengan cara yang alami tanpa obat-obatan. Berikut ini tips mencegah menopause dini secara alami.

1. Pola hidup sehat dan seimbang
Menopause dini dapat dipengaruhi oleh pola hidup sehat dan asupan makan yang bergizi. Jalani pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidak minum beralkohol, istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Semakin baik wanita menjaga pola hidup sehatnya maka menopause akan datang lebih lama sesuai dengan kodratnya.

2. Konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen
Salah satu faktor yang mempengaruhi menopause adalah produksi hormon estrogen. Produksi hormon estrogen ini dapat dibantu mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen. Makanan yang mengandung fitoestrogen biasa ditemukan pada buah-buahan seperti pepaya, bengkoang, teh hijau, melon, kacang kedelai, gandum, wijen, biji bunga matahari dan kacang tunggak.

3. Hindari fast food dan junk food
Saat ini banyak sekali aneka makanan fast food dan junk food. Makanan yang bisa disajikan secara cepat dengan rasa yang enak. Namun, fast food dan junk food mengandung gizi yang tak seimbang dengan kadar kolesterol tinggi. Oleh karena itu, terjawab sudah jika masa kini banyak yang mengalami menopause dini dibandingkan dengan masa dahulu dimana semua makanan disajikan secara alami. 

4. Perbanyak makan buah dan sayur segar 
Buah dan sayur segar mengandung jumlah serat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah dan sayur juga kaya akan antioksidan yang efektif dalam menjaga kebugaran tubuh dan membuat awet muda.

5. Oahraga secara teratur
Olahraga secara teratur membuat tubuh segar, memperlancar aliran darah, memperlancar syaraf dan tentu produksi hormon semakin baik. Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara kontinu dan konsisten. Tak harus berat asal dilakukan dengan sungguh-sungguh setiap hari akan membawa dampak yang signifikan. 

6. Hilangkan Stress
Selain faktor fisik, perlu juga penanganan faktor psikis dalam diri. Hilangkan stress yang membelenggu dengan hidup tenang, damai, rileks dan bahagia. Anda dapat melatihnya dengan yoga, meditasi dan refreshing agar pikiran tidak tegang. 

Mengawali hidup dengan sehat dan tenteram membuat tubuh senantiasa bugar dan nyaman. Kebahagiaan hidup harus diraih untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah menopause datang bukan pada waktunya. Oleh karena itu, usahakan selalu hidup sehat dengan makan-makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur dan mengelola stress.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top