Tips Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Adakah orang yang tak pernah menangis? Mungkin tidak ada. Jika ada maka jumlahnya sangat kecil sekali. Menangis tidak serta merta menandakan kita lemah. Menangis adalah reaksi spontan sebagai ungkapan rasa sedih, kecewa, benci, bahkan senang. Menangis adalah hal yang manusiawi dan ternyata menangis mengandung pula manfaat bagi kesehatan mata. Salah satu dampak yang sangat terlihat setelah kita menangis adalah mata bengkak. Biasanya jika kita tidur setelah menangis maka ketika bangun akan terlihat mata yang membengkak besar. Tentunya hal ini akan membuat kita kurang percaya diri dalam beraktivitas. 


Mata bengkak setelah menangis dapat disebabkan oleh 2 hal. Pertama, karena cairan air mata mengandung garam yang bisa menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis akan membesar. Kedua, saat menangis terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata. Mata bengkak tentu bukan hal yang menyenangkan, untuk itu ada cara instant untuk mengatasi mata bengkak tersebut. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan. 

1. Obat tetes mata
Meneteskan beberapa obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi radang pembuluh darah di mata

2. Irisan mentimun
Letakkan irisan mentimun pada mata selama kurang lebih 10 menit. Mentimun bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak, karena kandungan airnya tinggi hampir 90 persen.

3. Memberikan kompres pada mata
Gunakan kapas/sapu tangan/tisu yang sudah di basahi dengan air dingin/air es, tempelkan ke mata. Akan terasa dingin dan nyaman untuk mata.Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak tapi juga membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit.

4. Parutan kentang
Kupas kentang terlebih dahulu, bersihkan, biarkan kering dan parut. Ambil parutan kentang dan bungkuskan pada kain, lalu kompreskan pada mata

5. Teh celup hangat
Seduh teh celup dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit. Gunakan teh hijau atau teh hitam. Teh mengandung kafein yang membantu mengurangi bengkak dan bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

6. Krim yang mengandung kafein
Jika tidak juga berkurang gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga pembengkakan berkurang. Oleskan dengan menggunakan jari manis secara lembut di kulit bawah mata.

7. Garam
Hindari makanan asin setelah menangis, karena makanan yang mengandung garam tinggi justru akan memburuk keadaan. Karena makanan asin biasanya mengandung natrium, dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.

Semoga dapat membantu.



Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

Scroll to top