Waspadai Obesitas

Obesitas atau yang kita kenal sebagai kegemukan adalah suatu keadaan kelebihan lemak tubuh karena terakumulasi sehingga dapat meningkatkan masalah kesehatan. Indonesia menduduki peringkat 10 dari daftar negara-negara dengan obesitas tertinggi di dunia, dirilis oleh jurnal medis lancet. Wanita mendominasi jumlah obesitas dibanding pria pada negara-negara berkembang. Di negara berkembang seperti Indonesia, tingkat obesitas wanita lebih tinggi karena mereka harus melakukan tugas rangkap yaitu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pekerja sehingga tidak ada waktu untuk mengendalikan berat badan.

Obesitas dapat diketahui dengan menghitung indeks massa tubuh kita. Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan indikator yang digunakan Badan Kesehatan Dunia atau dikenal dengan WHO dan institusi-institusi kesehatan lainnya. Indeks massa tubuh dihitung dengan rumus : berat badan dibagi kuadrat tinggi dalam meter.
                     IMT = BB/(TBxTB) 
                     Keterangan :
                     IMT = Indeks Massa Tubuh
                     BB = Berat badan (Kg)
                     TB = Tinggi badan (m)

Kualifikasi Indeks Massa Tubuh Menurut Departemen Kesehatan RI








Dari tabel diatas terlihat bahwa orang dikatakan obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 27. Jika anda memiliki IMT 25-27 maka anda harus waspada untuk segera menurunkan berat badan. Pada awalnya mungkin anda hanya akan merasakan naiknya berat badan, namun jika kenaikan tersebut tidak terkontrol maka sel-sel lemak yang tertimbun semakin banyak sehingga menimbulkan perubahan anatomis pada tubuh. Obesitas disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
1. Gaya hidup tidak sehat
Faktor utama penyebab obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat adalah gaya hidup dengan asupan gizi berlebih namun tidak disertai dengan aktivitas yang cukup. Istilahnya adalah sedentary lifestlye atau gaya hidup tanpa banyak bergerak.
2. Genetik
Jika anda memiliki anggota keluarga yang menderita obesitas maka anda berpotensi lebih tinggi menderita obesitas daripada orang yang tidak memiliki riwayat obesitas.
3. Lain-lain
Selain kedua faktor diatas ada beberapa penyebab obesitas yaitu :
  • Pola makan yang buruk.
  • Makan atau ngemil terlalu banyak.
  • Kurangnya olahraga.
  • Penyakit medis (endokrin, masalah-masalah neurologis).
  • Obat (steroid, beberapa obat psikiatris).
  • Stress atas suatu kejadian atau perubahan (perpisahan, perceraian, pindah lingkungan, kematian, pelecehan). 
  • Masalah dengan keluarga atau teman.
  • Rasa rendah diri.
  • Depresi atau masalah emosional lainnya.
Obesitas dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit lain sehingga harus diwaspadai. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari obesitas adalah
1. Penyakit jantung
2. Tekanan darah tinggi
3. Kemandulan
4. Stroke
5. Diabetes

Mewaspadai obesitas artinya harus memiliki solusi agar obesitas tidak semakin menjadi. Jika kita terindikasi obesitas atau IMT kita pada level obesitas maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu :
1. Diet makanan secara benar
2. Mengatur pola makan yang baik
3. Olahraga secara teratur
4. Hindari tidur-tiduran atau bermalas-malasan
5. Mengkonsumsi buah dan sayur


Artikel Media Kita Lainnya :

2 comments:

Scroll to top