Tips Telinga Sehat


Pada artikel sebelumunya kita telah membahas Pengaruh Menggunakan Headset secara berlebihan. Nah, sekarang mari kita bahas tips agar telinga sehat jika kita tidak bisa meninggalkan kebiasaan menggunakan headset. 

1. Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control. Atur volume agar tidak lebih dari 80 db atau amannya tombol volume dipasang pada maksimal 50-60 % total volume. 

2. Lepas headset tiap 20 menit agar telinga dapat beristirahat sebentar.

3. Jangan menggunakan headset saat kondisi ramai atau saat di pesawat terbang. Karena dalam kondisi ramai kita cenderung menaikkan volume agar pemutar musik tetap terdengar.

4. Gunakan headset dengan tipe headphone atau yang menutup seluruh area telinga agar suara terdistribusi sempurna tanpa menggunakan volume yang berlebihan.

5. Jangan menggunakan headset saat mengemudi. Selain berbahaya karena kita tidak bisa mendengarrkan kendaraan atau rambu peringatan yang lain juga dapat menurunkan keseimbangan dan konsentrasi kita sehingga berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.

6. Jangan abaikan gangguan yang terjadi pada indera pendengaran. Jika terlanjur mengalami ketulian akan sulit disembuhkan. Untuk itu, anda harus sadar benar bahwa kesehatan telinga dan pendengaran merupakan hal yang sangat vital


Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top