Bahan Berbahaya Beracun (B3) di Sekitar Kita


Bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah setiap bahan yang karena sifat atau konsentrasinya, jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan/atau merusakkan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lainnya.
Tanpa kita sadari banyak sekali bahan-bahan yang mengandung unsur B3 yang ada di sekitar kita. Hampir setiap hari kita bersinggungan dengan bahan-bahan yang mengandung B3. Contohnya saja cat rumah, gas kendaraan bermotor, cat kuku, karpet dari latex, mainan anak-anak, dan lain – lain. Berbahaya dan Beracun atau disingkat B3 merupakan bahan kimia yang bersifat racun oksida, penyebab iritasi, penyebab korosi/karat, mudah meledak dan terbakar, yang apabila dilepaskan dilingkungan dapat membahayakan keselamatan manusia dan kelestarian lingkungan hidup. Bahan – bahan dengan kriteria B3 tersebut dapat ditemukan di lingkungan rumah dan tempat kerja kita. Karena barang yang dikonsumsi dan kita gunakan sehari – hari dan limbah yang dihasilkan oleh industri ternyata juga mengandung B3.

Beberapa bahan B3 yang ada di sekitar kita dan tips melakukan pencegahan agar bahan B3 tidak mencemari lingkungan dijelaskan dibawah ini.
  1. Deterjen: Jangan langsung membuangnya ke saluran pembuangan, usahakan untuk mencampur terlebih dahulu dengan 2/3 bagian dengan air netral.
  2. Pemutih pakaian: Buang bilasan air yang sudah bersih jangan membuang air sisa pemutih yang masih kental.
  3. Pengharum ruangan: Jangan berada di ruangan yang baru saja disemprot pengharum ruangan.
  4. Pembersih kamar mandi: Gunakan pembersih seperlunya saja.
  5. Pembersih kaca: Gunakan penutup hidung dan mulut saat membersihkan kaca.
  6. Pembersih lantai: Buang air sisa pembersih langung ke saluran pembuangan.
  7. Pembasmi serangga: Jangan berada di ruangan yang baru saja disemprot pembasmi serangga.
  8. Lem perekat.
  9. Hair spray: Gunakan hair spray secara bijaksana.
  10. Batu baterai: Jangan membuang batu baterai sembarangan.







sumber gambar
http://www.blogsfiw.com/2012/09/arti-dari-simbol-bahan-kimia-berbahaya.html

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top