7 Kebiasaan Ini Membuat Pria Tampak Lebih Tua

Pria umumnya memang lebih cuek terhadap penampilan dan perawatan tubuhnya. Mereka cenderung menyukai tampil simple, casual dan perawatan tubuh seadanya. Namun, tentu saja hal ini bukan berarti mereka bisa mengabaikan kesehatannya. Pasalnya, merawat kesehatan tubuh akan berdampak pada penampilan dirinya.


Pria yang senantiasa merawat kesehatan tubuhnya, akan terlihat lebih segar dan awet muda. Sebaliknya, mereka yang abai terhadap kesehatan tubuh, akan tampak lebih tua. Nah, biasanya hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan. Kebiasaan sehat tentu saja berdampak awet muda, sedangkan kebiasaan yang tidak sehat akan berdampak pada proses penuaan yang lebih cepat. Untuk itu, waspadai dan hindari 7 kebiasaan yang bisa membuat tampak lebih tua berikut ini.

1. Kurang Tidur

Normalnya, pria dewasa membutuhkan waktu tidur kurang lebih 6-8 jam perhari. Kurang dari jumlah tersebut dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata dan membuat kulit menjadi mudah kendur. Kondisi ini akan membuat Anda tampak lebih tua dari usianya. Tak hanya itu, kurang tidur juga memicu beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas dan darah tinggi.

2. Kurang Minum Susu

Susu merupakan minuman kaya manfaat yang telah dianjurkan semenjak kita kecil. Ternyata, susu memang baik untuk pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Manusia kehilangan massa otot 1-5% setiap hari setelah berusia 30 tahun. Hal ini akan membuat tubuh terlihat lebih lemah dan terlihat lebih tua. 

3. Terlalu Banyak Nonton TV

Telalu banyak di depan TV membuat kita sedikit bergerak dan kurang berolahraga. Hal ini akan berpengaruh pada kekuatan tubuh yang semakin lemah dan kesehatan yang semakin menurun. Efeknya, Anda akan tampak lemah dan lebih tua. Selain itu, Anda juga akan beresiko terkena penyakit jantung, obesitas dan demensia. Bahkan, Anda akan mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sperma.

4. Stres

Aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita lelah, jenuh dan stress. Padahal kondisi ini membuat kita tampak lebih tua. Saat stress, produksi hormon stress di otak meningkat sehingga memicu masalah kesehatan seperti insomnia dan penyakit seperti jantung. Oleh karena itu, kelola masalah Anda agar tidak stress. Meluangkan waktu untuk berlibur dan bersantai juga perlu untuk menghindari stress.

5. Kurang Konsumsi Ikan

Konsumsi ikan di Indonesia tergolong rendah dibandingkan dengan beberapa negara tetangga. Padahal konsumsi ikan ini sangat penting karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan bagus untuk kesehatan kulit dan jantung. Selain itu, konsumsi ikan juga akan meningkatkan telomere pada DNA yang berperan untuk mencegah penuaan dini. 

6. Merokok

Kebiasaan merokok adalah kebiasaa buruk ayng masih banyak dilakukan oleh pria. Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga buruk untuk kesehatan kulit dan penampilan. Merokok akan menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, dan penyakit lainnya serta menurunkan elastisitas kulit. Tak salah jika orang yang merokok akan memiliki kulit yang kering dan terlihat lebih tua dari usianya.

7. Kurang Olahraga

Olahraga membuat tubuh bergerak dinamis sehingga melancarkan metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh. Olahraga juga membuat kulit lebih segar dan kencang. Orang yang jarang berolahraga bahkan tidak pernah, akan membuat kulit lebih cepat keriput. Metabolisme dan peredaran darah yang kurang baik juga akan membuat tubuh menjadi lemah. 

Jika Anda tak ingin terlihat tua lebih cepat dan ingin selalu tampil segar, maka segera tinggalkan tujuh kebiasaan diatas. Ubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang sehat. Kebiasaan yang membuat Anda awet muda dan sehat hingga usia senja.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top